Kapolri Klaim Situasi Nasional Stabil meski Ada Insiden Bom Kartasura

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

VIVA – Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi Tito Karnavian mengklaim situasi keamanan dan ketertiban nasional menjelang dan saat Hari Raya Idul Fitri pada Rabu 5 Juni 2019 relatif stabil.

"Kemudian secara umum situasi stabilitas kambitbmas relatif bagus, ya, selama Operasi Mantap Brata yang dilakukan mulai tanggal 29 [Mei] sampai dengan hari ini relatif stabil seluruh Indonesia," kata Tito di kompleks Markas Besar Polri, Jakarta.

Selama Operasi Mantap Brata dalam rangka menjaga keamanan Tanah Air, katanya, tercatat hanya satu kejadian menonjol, yakni upaya peledakan bom bunuh diri oleh pemuda bernama Rofiq (22 tahun) di depan pos pantau polisi lalu lintas, simpang tiga Tugu Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Tetapi Polisi sudah menanganinya dan menyelidikinya hingga memastikan identitas pelaku maupun latar belakangnya.

Mantan Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya itu juga mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Tito mewakili Korps Bhayangkara meminta maaf apabila ada kesalahan selama ini. 

"Untuk seluruh masyarakat Indonesia, minal aizin walfaizin, mohon maaf lahir batin. Kalau ada kekurangan oleh Polri, Kapolri, atau saya pribadi, saya mohon maaf ya," ujar Tito. (ren)