Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 5 Juni 2019 | 15:56 WIB

Warga Juga Menangis Ketika SBY Beberkan Makna Batik Pilihan Ani

Team VIVA »
Ezra Natalyn
Foe Peace Simbolon
Foto :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon
SBY di TMP Kalibata saat Lebaran

VIVA – Suasana haru terjadi ketika Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY bercerita perihal batik yang dipilih mendiang istrinya, Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono. Batik warna hitam dengan motif burung sawung galih itu diketahui sengaja dipilih Ani sebelum wafat untuk dipakai di Hari Raya Idul Fitri 1440 yang jatuh pada Rabu 5 Juni 2019.

Batik tersebut pun dipakai SBY beserta dua putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), kedua menantunya, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa Baskoro Yudhoyono, serta cucu-cucunya saat ziarah ke makam Ani di taman Makam Pahlawan Kalibata hari ini. Dari pantauan, Ibas nampak tak kuasa menahan air mata saat ayahnya berbicara soal pemilihan batik oleh mendiang ibunya itu. 

Baca Juga

AHY juga nampak menangis namun tak terlalu nampak seperti ibas. Tak sedikit warga yang menonton di sana pun turut menangis manakala SBY yang terbata-bata bicara soal batik yang dimaksud.

"Tetapi saya juga tidak mengerti, barang kali tidak kuasa menangkap isyarat yang ada di balik pilihan batik yang kami gunakan sekarang ini. Bu Ani memilih batik berwarna hitam sawung galih yang konon dari pengertian  itu mengibaratkan sebuah burung yang terbang ke surga. Saya baru tahu memahami apa makna dari pilihan ini," kata SBY di TMP Kalibata, Jakarta, Rabu 5 Juni 2019.

Terpopuler

Ketua Umum Partai Demokrat itu merasa bahwa dia sekeluarga merasa tak cukup cerdas dan sensitif menangkap makna pemilihan batik oleh almarhum istrinya itu. Ani pun kemudian masuk ICU lagi sebelum akhirnya wafat.

Jenazah Ani kemudian ditutup kain hitam yang tak lain adalah kain batik milik Ani yang belum dibuat jadi pakaian untuk merayakan Lebaran. Di situ dia sekeluarga baru menyadari maksud pemilihan batik warna hitam dengan motif burung sawung galih tersebut. 

"Ternyata subhanallah, kami tidak cukup cerdas dan tidak cukup sensitif memahami apa yang disampaikan ibu Ani," kata dia.

"Jenazah bu Ani inilah yang ditutup kain batik yang ibu Ani pilih. Jadi ternyata yang dimaksudkan 'saya juga akan pakai nanti' itu ternyata dipakaikan di ruang itu usai wafat," ucap SBY.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Keluarga SBY Gelar Tahlilan 40 Hari Wafatnya Ani Yudhoyono
TVONE NEWS - 8 hari lalu