Kenangan Indah SBY, Sungkem Lebaran dengan Ani Yudhoyono

Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono berziarah ke makam mendiang istrinya, Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, usai salat Idul Fitri, Rabu 5 Juni 2019.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA – Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono membeberkan, selain kenangan soal pemilihan baju koko dan batik untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri, ada pula kenangan yang juga indah menurutnya yang biasa dilakukannya bersama mendiang istrinya, Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono pada hari Lebaran.

Kenangan tersebut adalah dia dan mendiang istrinya pasti akan melakukan sungkem satu sama lain. Hal ini biasa dia lakukan saat Lebaran. 

"Dan biasanya pula dengan batik ini kami saling meminta maaf, sungkem. Ibu Ani biasa sungkem kepada saya, penghormatan istri kepada suami dengan kasih sayang timbal balik. Dan kami juga sungkem ke ibunda kami Sarwo Edhie dan ibunda saya Eyang Siti Habibah," ujar SBY di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Rabu 5 Juni 2019.

Kemudian lanjutnya, saat dia masih menjabat sebagai Kepala Negara, dalam perayaan Lebaran, acara halal bi halal yang digelarnya berjalan hingga malam dari pagi hari. Pasalnya ada ribuan orang yang hadir dari berbagai golongan.

"Tentu itu kenangan manis saya. Tapi saya yakin di dunianya yang baru ibu Ani juga bisa menyaksikan. Beliau damai bahagia," ujarnya.