Kapolri Prediksi Arus Balik Lebih Besar karena Serempak daripada Mudik

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian memprediksi puncak arus balik Idul Fitri terjadi pada 8 dan 9 Juni 2019. Arus balik akan lebih besar daripada arus mudik karena para pemudik kembali secara serempak.

Dalam konferensi pers di kompleks Markas Besar Polri, Jakarta, Rabu, 5 Juni 2019, Tito menjelaskan bahwa arus mudik berlangsung secara bertahap sejak 29 Mei sampai 4 Juni sehingga relatif tak ada lonjakan berarti. Sementara arus balik hanya tiga hari, yaitu 7-9 Juni.

“(arus mudik) dengan waktu yang cukup panjang 29 sampai tanggal 4 Juni ini relatif panjang. Arus balik relatif pendek: Jumat, Sabtu, Minggu ini,” katanya.

Karena waktu yang relatif pendek pada arus balik, Tito memperkirakan ada gelombang tinggi pada arus balik pada 9 Juni. "Kalau di arus mudik tidak terjadi gelombang tinggi, puncak, karena merata dari hari ke hari.”

“Yang ini (arus balik), kalau dengan waktu tiga hari yang pendek, kalau semua kembali di hari Sabtu-Minggu, apalagi di hari Minggu ini, akan terjadi puncak gelombang," ujarnya.