Menteri Susi Nilai Mudik Bisa Bikin Puluhan Juta Orang Sehat

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di sela-sela silaturahmi open house di rumah dinasnya, Jakarta, Kamis, 6 Juni 2019.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Ginanjar

VIVA – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menilai tradisi mudik Lebaran bisa membuat puluhan juta orang sehat. Sebab, katanya, mudik memberi energi serta rasa bahagia kepada masyarakat yang akan menemui keluarganya di kampung halaman.

"Orang jadi punya semangat, spirit, pulang ketemu keluarga, ada 'excitement'. Orang kalau punya excitement, itu biasanya sehat, bahagia, jadi mudik itu membuat kita lebih sehat," ujar Susi di sela-sela silaturahmi open house di rumah dinasnya, Jakarta, Kamis, 6 Juni 2019.

Susi berharap, tradisi unik masyarakat Indonesia itu turut memberi efek positif juga berupa semangat baru untuk membuat Indonesia menjadi bangsa yang makin produktif. "Puluhan juta orang sehat, pasti membuat bangsa ini lebih sehat.”

Baginya, Idul Fitri memang memiliki makna sebagai momen spesial untuk kebersamaan keluarga-keluarga di Indonesia. Pada momen satu kali setiap tahun itu, puluhan keluarga kembali berkumpul sebelum masing-masing anggotanya sibuk lagi dengan kehidupan mereka.

"Saya pikir hal itu yang harus kita jaga. Tradisi seperti ini harus kita jaga. Karena dalam sebuah community, penting untuk seseorang itu 'to have something'. Satu hari dalam satu tahun bersama keluarga. Sangat penting," ujar Susi.