Hari Ini, One Way Arus Balik Diberlakukan Mulai Pukul 14.00

Akses masuk tol Pejagan-Pemalang di pintu keluar Brebes Barat imbas one way
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA – Hari ke-10 Operasi Ketupat 2019, Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Refdi Andri melakukan pengecekan arus balik Lebaran 2019 di sepanjang Jalan Tol Trans Jawa, Jumat 7 Juni 2019.

Sesuai rencana dengan mitra terkait dan jajaran lalu lintas di kewilayahan, mulai tanggal 7-10 Juni 2019, polisi akan berlakukan one way. Pemberlakuan ini untuk arus balik sepanjang 344 KM dimulai dari KM 414 Kalikangkung sampai KM 70 Cikampek Utara.

"Setelah memantau situasi dari udara menggunakan heli dan mengamati pergerakan arus kendaraan dari Timur ke Barat maupun sebaliknya, serta memberikan kesempatan para pemudik yang melaksanakan salat Jumat di Rest Area, maka siang ini one way akan dilepas pada 14.00 WIB," kata Refdi dalam keterangan tertulisnya, Jumat 7 Juni 2019.

Ia pun berharap, skema rekayasa lalu lintas one way dapat berjalan lancar. Menurutnya, kebijakan one way akan terus dipantau sesuai kondisi di lapangan, baik volume kendaraan dan saran dari kewilayahan.

"Pemberlakuan one way ini sudah didukung mitra terkait, baik berkaitan dengan hari, tanggal, dan jam. Namu,n jam bukan harga mati, kita akan lihat bagaimana volume kendaraan dan saran kewilayahan," katanya.

Ia pun mengimbau, agar masyarakat untuk mempersiapkan kendaraan dan bahan bakar cukup untuk melakukan perjalanan balik dan tidak berlama-lama di rest area.

"Kita sarankan, masyarakat untuk mengecek kesiapan kendaraan dan semestinya bahan bakar sudah diisi penuh dari awal keberangkatan. Di samping itu, disarankan agar masyarakat juga sudah makan terlebih dahulu, karena rest area akan dilakukan buka tutup apabila terjadi kepenuhan," katanya. (asp)