Antrean di Bakauheni Mulai Padat, Lonjakan Kendaraan Lebih Dini 

Arus lalu lintas padat di gate Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, pada Jumat, 7 Juni 2019.
Sumber :
  • VIVA/Ardian

VIVA – Arus lalu lintas padat di gate Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, pada Jumat, 7 Juni 2019. Sejumlah kendaraan yang mengantre itu terpantau sejak pukul 17.29 WIB, dan kondisinya masih sama hingga pukul 20.00 WIB.

PT ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) sudah mendata lonjakan kendaraan hari ini. Jumlah kendaraan memang melonjak signifikan sampai 12 persen pada H+2 atau dua hari setelah Lebaran.

Menurut Direktur Utama PT ASDP Ira Puspa Dewi, lonjakan kendaraan biasanya terjadi pada H+ 3 Lebaran. Dengan adanya lonjakan kendaraan itu, dia mengingatkan kepada masyarakat agar memperhatikan kartu nontunai dan e-KTP.

"Kalau persiapan kedua item itu, insyaallah bisa cepat melewati pintu penyeberangan dengan cepat. Itu juga untuk mengantisipasi macet," ujarnya.

Farhan, seorang pengendara, mengatakan lonjakan kendaraan itu berdampak pada kemacetan. Kendaraan dari jalur biasa macet sepanjang tiga kilometer, sementara kemacetan di jalur tol sepanjang satu kilometer.

"Saya sudah tunggu satu jam. Macet banget. Ada tuga kilo-an gitu macet dari jalur biasa. Kalau dari tol, paling satu kilo aja," kata Ahmad Hanif, pengendara lain.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lampung Selatan AKP M Kasyfi menolak memberikan penjelasan tentang kemacetan itu. "Kalau mau nanya itu, saya enggak bisa paparkan. Nanti kalau mau tanya-jawab ke Pak Kapolres saja," ujarnya.