Wiranto Bersyukur Lebaran Tahun Ini Lebih Aman

Menkopolhukam Wiranto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto memimpin rapat tingkat menteri pada Senin 10 Juni 2019 di kantornya di Jakarta. Rapat untuk mengevaluasi berbagai kegiatan khususnya terkait pengamanan Lebaran.

"Kita bersyukur mudik Lebaran tahun ini relatif lebih aman dan lancar dari tahun lalu," kata Wiranto.

Wiranto menyebut indikasinya adalah tingkat kecelakaan yang menurun dari tahun-tahun lalu. Kemudian dia juga mengklaim Lebaran tahun ini relatif aman dari gangguan teror.

"Salat Ied relatif aman, tidak ada laporan dari daerah gangguan. Aktivitas lebaran di daerah juga relatif aman, tidak ada laporan teror," ujar Wiranto.

Mantan Panglima ABRI ini mengakui sempat ada pertikaian warga di Buton, Sulawesi Tenggara. Namun, menurut dia hal itu bisa diatasi oleh aparat berwenang di sana.

"Walau demikian kita tetap mengevaluasi apa yang telah kita lakukan," ucapnya.

Ke depan, pihaknya juga berkonsentrasi menjaga stabilitas politik. Apalagi sidang penyelesaian sengketa pemilihan umum 2019 di Mahkamah Konstitusi sudah semakin dekat.

"Kita berharap para kontestan tetap konsisten dan nantinya dapat menerima apapun keputusan MK (Mahkamah Konstitusi). Karena menerima itu tidak akan memperpanjang permasalahan. Dan stabilitas terjamin," kata Wiranto.