Wiranto Pastikan Proses Hukum Terus Berlanjut

Menkopolhukam Wiranto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menyebutkan, pihaknya masih menghadapi berbagai masalah hukum yang terjadi seputar pengumuman Pemilu, termasuk kericuhan 21-22 Mei. 

Dia memastikan proses hukum masih berlangsung. "Ini akan terus berproses. Tentu proses akan dilaksanakan secara adil, jujur, transparan," kata Wiranto di kantornya, di Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin, 10 Juni 2019.

Dia meminta kepada aparat kepolisian untuk menyampaikan proses penyelidikan dan penyidikan kepada publik, dengan seterang-terangnya sehingga tidak berkembang spekulasi yang tidak benar.

"Proses penyelidikan, penyidikan, proses pembuatan BAP dan sebagainya agar tidak spekulasi-spekulasi baru yang justru membingungkan masyarakat," ujar Wiranto.

Termasuk, menurut dia, mengenai penangkapan-penangkapan sejumlah tokoh yang dilakukan pemerintah. Dia menyebutkan, penyampaian proses hukum mereka juga penting agar tak menimbulkan spekulasi.

"Agar spekulasi yang saat ini terus berkembang di masyarakat mengenai berbagai permasalahan hukum yang terus sedang berproses, terutama dengan adanya penangkapan para tokoh-tokoh utama ini segera dapat kita netralisir," katanya.

Mantan Panglima ABRI ini menjamin pemerintah konsisten dengan penegakan hukum yang berlaku di Indonesia. Meskipun sempat menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.