Sepekan Lebih Banjir di Wajo, Warga Korban Terserang Infeksi Jamur

Banjir di Kabupaten Wajo
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Sudah sepekan lebih banjir merendam puluhan permukiman yang tersebar di tujuh kecamatan, di Kabupaten Wajo, Sulawesi Tenggara. Warga yang menjadi korban banjir mulai mengeluhkan gangguan kesehatan.

Untuk membantu pemeriksaan kesehatan korban banjir, tim medis dari Puskesmas Kelurahan Tempe dan Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo melakukan pemeriksaan kesehatan di lokasi bencana.

Tim medis menemui korban banjir dengan menggunakan perahu. Titik lokasi yang dikunjungi antara lain salah satu permukiman di Kelurahan Laelo, Tempe. Pemeriksaan dan pengobatan gratis diberikan.

Dari hasil pemeriksaan dilaporkan, sebagian besar korban mengalami gangguan kesehatan yaitu anak-anak dan orangtua lanjut usia. Mereka sebagian besar terserang infeksi jamur pada kulit. Selain itu, korban banjir terserang flu dan demam.

Anggota tim medis dari Puskesmas Tempe, dr. Dea Mardi Rauf mengatakan, penyebab sebagian korban terkena jamur kulit karena sering kontak dengan air.

Kondisi yang dingin dan lembap menambah faktor penyebabnya. Para korban saat ini sangat memerlukan bantuan air bersih.

Hingga kini, ribuan rumah di Kabupaten Wajo masih terendam banjir. Dampak banjir yang terparah adalah permukiman yang berada di pesisir Danau Tempe. Bahkan, di lokasi permukiman warga terdapat ketinggian air banjir dengan hampir tiga meter.

Laporan: Puang Hendra Soetomo-tvOne dari Kabupaten Wajo