Petinggi Demokrat Minta SBY Lakukan Evaluasi Besar-besaran

Sejumlah petinggi Partai Demokrat meminta SBY evaluasi hasil Pemilu 2019.
Sumber :
  • VIVA/Rifki Arsilan

VIVA – Petinggi Partai Demokrat meminta SBY melalukan evaluasi besar-besaran. Perolehan angka Partai Demokrat pada Pemilu 2019 dinilai mengecewakan konstituen.

Sejumlah petinggi Partai Demokrat hari ini berkumpul dan membentuk komunitas Gerakan Moral Penyelamatan Partai Demokrat (GMPPD). Mereka adalah Anggota Dewan Pembina DPP Partai Demokrat Ahmad Mubarok, Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Max Sopacua, dan Ketua Komisi Pengawas Partai Demokrat Ahmad Yahya.

Para petinggi Partai Demokrat itu meminta Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY melakukan evaluasi besar-besaran terkait perolehan suara hasil pemilu 2019 lalu.

Max Sopacua menyatakan, GMPPD dibentuk sebagai penyambung suara konstituen yang kecewa dengan kondisi internal Partai Demokrat akhir-akhir ini, terlebih lagi jika melihat hasil pemilu kemarin.

"Kami lebih kepada gerakan moral penyelamatan Partai Demokrat. Perolehan suara 7.7 persen perlu menjadi catatan khusus bagi kami, karena biar bagaimanapun Partai Demokrat adalah partai yang pernah berkuasa dua periode," kata Max Sopacua di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis 13 Juni 2019.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu pendiri Partai Demokrat, yang saat ini menjabat sebagai Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Ahmad Mubarok mengungkapkan, fenomena penurunan perolehan suara Partai Demokrat tidak dapat terlepas dari kegaduhan segelintir elit politik di internal Partai Demokrat ketika sebelum pemilu hingga pelaksanaan pemilu 2019 lalu.

"Melihat fenomena sekarang ini dimana ada gejala penurunan secara sistematis, sebagai pendiri kami ingin kembali ke khitoh. Dengan ideologi partai nasionalis religius, dan dengan berpolitik dengan mengedepankan cara bermartabat, santun dan bersih memiliki penurunan," ujarnya.

"Karena biar bagaimanapun kita punya pengalaman menjadi pemenang, sehingga melihat perolehan suara pemilu hari ini kita berharap Partai Demokrat dapat mengevaluasi dan kembali bangkit pada 2024 mendatang," katanya menambahkan.

Lebih jauh ia berharap, upayanya membentuk Gerakan Moral Penyelamatan Partai Demokrat ini dapat direspon oleh Ketua Umum Partai Demokrat, SBY dan seluruh jajaran Partai Demokrat lainnya.

Ketika disinggung, apakah para petinggi ini menginginkan Partai Demokrat segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) untuk menyikapi kondisi internal partai saat ini, mereka kompak menyerahkan keputusan itu kepada Ketua Umum Partai Demokrat, SBY.

"Dari sini pasti kita akan kira sama, sudah kepada central figur Partai Demokrat Pak SBY. Nanti apakah harus KLB atau hanya sebatas evaluasi saja, itu kita serahkan kepada central figur kita, Pak SBY. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk KLB," kata Max Sopacua. (mus)