Menhub Klaim Kecelakaan Mudik Turun 71 Persen

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menutup posko mudik Kementerian Perhubungan di Jakarta, Jumat, 14 Juni 2019.
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menutup operasional posko tingkat nasional angkutan Lebaran terpadu tahun 2019. Seluruh moda transportasi mulai dari angkutan jalan, angkutan penyeberangan, angkutan kereta api, angkutan laut, dan angkutan udara tercatat berjalan baik.

Menurut Budi, jumlah pemudik secara umum memang meningkat, meski tidak signifikan. Di sisi lain, juga ada penurunan untuk beberapa moda transportasi seperti penggunaan angkutan udara dan kendaraan roda dua.

"Kecelakaan, menurun lebih dari 71 persen. Karena koordinasi kita baik dan memang kita harus koordinasikan dengan baik," ujar Budi, saat menutup posko mudik Kemenhub, Jakarta, Jumat 14 Juni 2019.

Kelancaran arus lalu lintas saat Lebaran dan minimnya kecelakaan, katanya, terjadi karena persiapan sejak awal dan koordinasi baik antarlembaga. Misalnya, pelaksanaan mudik gratis oleh Kemenhub hingga BUMN. Juga, karena waktu cuti yang panjang, sehingga hampir tak ada lonjakan berarti jumlah pemudik.

Berdasarkan catatan terbaru posko angkutan Lebaran Kemenhub hingga H+7, jumlah kejadian kecelakaan, jumlah korban maupun kerugian materil akibat kecelakaan tercatat menurun. Sejak H-7 hingga H+7 total kejadian kecelakaan tercatat sebanyak 563 kejadian atau menurun 71 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 2.234 kejadian.

Budi mengatakan, capaian ini tidak terlepas dari kerja sama Kementerian Perhubungan dengan para pihak terkait. Namun, dia berterus terang, selain hal-hal positif, ada juga aspek-aspek yang dianggap kurang baik, dan karenanya pemerintah pasti akan mengevaluasinya. (asp)