Hendi Optimis Kelurahan Mangunharjo Juara Umum Lomba Kelurahan

Hendi menerima Tim Evaluasi Pengembangan Desa dan Kelurahan Provinsi Jawa Tengah
Sumber :

Setelah menyabet gelar juara umum dalam kompetisi Kampung Hebat pada tahun 2018 kemarin, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang kembali menunjukkan prestasinya.

Salah satu kelurahan di Kecamatan Tembalang tersebut mewakili Kota Semarang berlaga dalam Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019.

Untuk itu, Senin (17/6), Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi didampingi jajaran Muspika Kecamatan Tembalang, Camat, dan Lurah menerima Tim Evaluasi Pengembangan Desa dan Kelurahan Provinsi Jawa Tengah di Kelurahan Manghunharjo Semarang.

Tim tersebut akan melakukan verifikasi lapangan setelah Kelurahan Mangunharjo masuk nominasi 3 besar.

Rombongan yang diketuai oleh Ir. Agus Suranta, MM melakukan penilaian pada 3 bidang, yaitu bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, dan bidang kemasyarakatan.

Bidang pemerintahan terbagi ke dalam 5 aspek yang meliputi pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat, teknologi informasi, dan pelestarian adat dan budaya.

Sedangkan bidang kewilayahan terdiri atas 5 aspek, yaitu identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana, dan pengaturan evaluasi.

Bidang kemasyarakatan terbagi lagi menjadi 11 aspek, antara lain adalah partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, dan peningkatan kapasitas masyarakat.

Semua aspek tersebut tentu tidak menjadi persoalan mengingat Kelurahan Manghunharjo telah mampu menggerakkan partisipasi warga dalam menciptakan keamanan melalui interkoneksi antar RT, di mana tiap RT terdapat Poskamling yang terkoneksi satu dengan yang lain melalui grup.

Salah satunya adalah RW 7 yang meraih juara Kampung Rukun dan Aman dalam kompetisi Kampung Hebat.

Selain itu, ada pula juara kategori Kampung Sehat di RW 5 di mana warganya telah menerapkan hidup sehat dengan melibatkan karang taruna dan kader jumantik dalam menciptakan mesin biopori, penerapan IT dalam pengelolaan UMKM, serta menggunakan sistem layanan online kelurahan (Silaker).

Menurut Hendi, sapaan akrab Wali Kota, Kelurahan Manghunharjo adalah salah satu wilayah di Kecamatan Tembalang yang merupakan wilayah yang bergerak sangat progresif dalam 10 tahun terakhir.

Banyak terjadi pergerakan di sini, mulai dari bidang ekonomi, sosial, budaya, dan kemasyarakatan, bahkan Kecamatan Tembalang ini mencapai populasi terbanyak ke-2 di Kota Semarang.

“Apalagi setelah masuknya salah satu universitas terbaik Indonesia, Undip. Hadirnya perguruan tinggi negeri tersebut secara otomatis mendorong banyaknya perumahan, kos-kosan, serta aktivitas kuliner yang perlu pengelolaan yang baik,” ujar Wali Kota.

Melihat banyaknya inovasi serta potensi yang dimiliki, Hendi pun optimis bahwa Kelurahan Mangunharjo akan mampu meraih prestasi terbaik dalam lomba ini.

"Saya optimis Kelurahan Mangunharjo akan mampu menjadi yang terbaik mengingat kesengkuyungan warganya dalam membangun wilayah sudah terbukti," pungkasnya.

Sementara ketua Tim Evaluasi Pengembangan Desa dan Kelurahan Provinsi Jawa Tengah, Agus Suranta, menyebutkan bahwa Kelurahan Mangunharjo masuk ke dalam nominasi 3 besar Lomba Kelurahan ini setelah melewati seleksi administrasi.

“Nantinya, pemenang Lomba Kelurahan di tingkat provinsi ini akan melaju ke tingkat nasional bersama wilayah regional yang lain. Sejauh ini, penilaian kami sangat baik. Semoga Kota Semarang dapat kembali mendapatkan gelar juara umum seperti tahun 2018 lalu,” ujar Agus.