Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 18 Juni 2019 | 10:58 WIB

AS Kerahkan 6 Jet Tempur dari Jepang, TNI Kirim 7 dari Madiun

Team VIVA »
Mohammad Arief Hidayat
Agustinus Hari (Manado)
Foto :
  • VIVA/Agustinus Hari
Dua petinggi Angkatan Udara Indonesia dan Amerika Serikat dalam latihan militer di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Selasa, 17 Juni 2019.

VIVA – Angkatan Udara Indonesia dan Amerika Serikat berlatih bersama di Manado, Sulawesi Utara. Latihan militer kedua negara berlangsung 17-28 Juni 2019 dengan melibatkan 6 pesawat F-16 CM/DM AS dan 7 pesawat sejenis milik Indonesia.

Latihan militer dengan sandi "Cope West" 2019 itu kali ketiga yang diselenggarakan sebagai peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-AS.

Baca Juga

Menurut Direktur Pelatihan Cope West, Kol Pnb M Satriyo Utomo, latihan militer itu sekaligus ajang silahturahmi bilateral dua negara dengan strategi pelatihan penerbangan.

Ada perbedaan strategi latihan bersama tentara Marinir AS tahun 2018 dengan Angkatan Udara AS pada 2019, yaitu latihan kali ini lebih masif lagi. "Pesawat tempur akan berlatih sekali turun sampai delapan pesawat, lebih fokus ke Angkatan Udara, ada 100 personel dari Amerika dan jumlah kita juga sama 100 personel," katanya.

Terpopuler

Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr, menyambut bangga dengan digelarnya latihan ini, apalagi bisa datang ke Manado. Dia juga bersyukur latihan gabungan AS-Indonesia bisa dilaksanakan saat hubungan diplomatik kedua negara memasuki usia 70 tahun.

“Untuk pertama kalinya unit pasukan khusus Angkatan Udara AS dan unit pasungan khusus AU Indonesia berlatih pada tahun ini," ujarnya.

Latihan militer itu menyita perhatian masyarakat Kota Manado. Pesawat-pesawat tempur kedua negara itu meraung di langit Manado membuat warga mendapat hiburan baru. 

Komandan Lanud Sam Ratulangi Manado, Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, mengatakan Pangkalan Udara Sam Ratulangi Manado menerima kedatangan satu pesawat angkut berat C-17 Globe Master US AIR FORCE, Jumat, 14 Juni 2019.

“Pesawat angkut berat tersebut tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado setelah menempuh perjalanan jauh dari Jepang ke Manado. Kedatangan pesawat C-17 Globe Master US Air Force yang dipimpin kapten pilot Rocque Gardland dan kopilot Jon Simon Cs,” ujarnya.

Dalam latihan Cope West 2019, Angkatan Udara AS akan menggunakan pesawat tempur F-16 dari Skadron 14 yang bermarkas di Misawa, Jepang, sementara TNI AU akan mendatangkan pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur. (ren)

Topik Terkait
Saksikan Juga
F-16 Milik AS Jatuh Timpa Bangunan
TVONE NEWS - 2 bulan lalu