Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 19 Juni 2019 | 12:54 WIB

MTI Sebut Rentang Waktu Sempit Akibatkan Arus Balik Macet

Team VIVA »
Lis Yuliawati
Arrijal Rachman
Foto :
  • Jasa Marga
Situasi arus mudik lebaran H-1 lebaran di Pintu Tol Cikampek Utama

VIVA – Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menilai, arus mudik
Lebaran 2019 terbilang lancar dan tidak ada kendala yang berarti. Hal itu dipicu telah tersambungnya secara keseluruhan ruas Tol TransJawa.

Djoko mengungkapkan, hal tersebut bisa dilihat dari waktu tempuh yang dihabiskan pemudik di jalan tol tersebut. Pemudik yang hendak ke Semarang, misalnya. Pemudik menghabiskan waktu perjalanan selama 9 jam atau ke Solo yang bisa hanya 10 jam.

Baca Juga

"Solo sekitarnya sebelum 2018 bisa 30 jam lebih. Jadi pemudik selalu melihatnya waktu tempuh," katanya saat konferensi pers evaluasi arus mudik Lebaran 2019, di Jakarta, Rabu, 19 Juni
2019.

Meski begitu, dia mengingatkan, arus balik justru menjadi persoalan bagi pemudik akibat macetnya jalan tol pada periode tersebut. Diketahui, jumlah kendaraan mengalami kepadatan di beberapa ruas yang mengakibatkan laju kendaraan hanya bisa di kisaran 30-50 kilometer per jam.

Terpopuler

Dia menilai, kondisi itu dipicu karena sempitnya waktu arus balik yang hanya tersedia tiga hari, tidak seimbang dengan masa mudik lebaran yang bisa mencapai enam hari. Hal ini, menurut dia, perlu menjadi perhatian utama pemerintah ke depannya, supaya waktu libur Lebaran bisa dikoordinasikan dengan baik.

"Nah tahun ini agak jelek baliknya, tersendat. Kalau tahun lalu lancar karena mudik sama baliknya sama waktunya. Tahun depan ini rentang waktunya harus sama, jadi rentang waktu ini harus diperbaiki," ujarnya.

Sebelumnya, kondisi itu diakui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menurut Budi, hal ini salah satunya dipicu karena perbedaan hari libur saat arus mudik dengan arus balik.

Budi merinci, jika libur mencapai tujuh hari saat mudik lebaran sedangkan libur untuk arus balik hanya tiga hari. Kondisi ini yang menyebabkan terjadinya kemacetan saat arus balik.

"Ini (perbedaan jumlah hari libur) mengakibatkan seluruh pemudik bersama-sama balik karena harus
masuk kerja di hari yang sama," ujar Budi Karya di Terminal Giwangan, Minggu, 16 Juni 2019.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Lonjakan Arus Kendaraan di Tol Palimanan Menuju Jakarta
TVONE NEWS - 3 bulan lalu