Jokowi Jadi Saksi Nikah Putri Rais Aam NU, Ma'ruf Amin Beri Tausiah

Presiden Joko Widodo menghadiri akad nikah putri Rais Aam NU di Surabaya.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri acara pernikahan putri dari Rais Aam Nahdlatul Ulama, Miftachul Akhyar, di kompleks Pesantren Miftachus Sunnah Surabaya, Jawa Timur, Kamis 20 Juni 2019. Pasangan yang menikah tersebut adalah Muhammad Ismail Al Ascholy-Muktafiyah Bikanafillah. 

Pernikahan dua insan itu terbilang istimewa. Muhammad Ismail Al Ascholy adalah cicit dari KH Kholil Bangkalan atau Syaikhuna Kholil, ulama kharismatik asal Bangkalan, Madura, guru dari banyak ulama di Tanah Jawa. Adapun Muktafiyah Bikanafillah adalah putri Rais Aam NU, pimpinan tertinggi ormas Islam.

Bersama Ketua Umum NU, Said Aqil Siroj, dan wakil presiden terpilih, Ma'ruf Amin, Presiden Jokowi hadir bertindak sebagai saksi. Adapun yang menikahkan langsung dilakukan oleh Miftachul Akhyar selaku ayah dari Muktafiyah. Sementara tausiah disampaikan oleh Ma'ruf Amin. 

Selain Jokowi, terlihat hadir Kepala Badan Intelijen Negara  Budi Gunawan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Markas Besar Kepolisian RI, Inspektur Jenderal Polisi Muhammad Iqbal, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan sejumlah pejabat lainnya. Banyak ulama juga hadir di sana. 

Suasana begitu khidmat dan penuh dengan warna Islami. Ketika Jokowi dan Iriana tiba di lokasi, lantunan selawat terdengar hingga keluar area pernikahan. Terdengar pula lantunan ayat suci Alquran. Namun, wartawan tidak diperbolehkan masuk untuk menyaksikan proses akad nikah. 

Seusai acara, Jokowi menyempatkan diri menyapa warga yang menunggu di luar lokasi utama acara. Dia turun dari mobil dan menyalami kerumunan warga yang menunggu. Jokowi pun menjadi rebutan berfoto dan bersalaman, sebelum akhirnya meninggalkan lokasi. (ren)