Hendi Jajaki Kerja Sama Bilateral Lewat Cucu Syekh Abdul Qadir Jailani

Hendrar Prihadi bertemu dengan cucu Syekh Abdul Qadir Jailani di Turki.
Sumber :

Prof. dr. Sayyidu Syarif Muhammad Fadhil Al-Hasanaini Al-Jailani menjadi salah satu ulama besar yang kerap berkunjung ke Kota Semarang.

Cucu dari Syekh Abdul Qadir Jailani yang dekat dengan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi itu pun cukup banyak terlibat dalam kegiatan keagamaan di Kota Semarang.

Peringatan Maulid Nabi di Kota Semarang menjadi satu di antara berbagai kegiatan yang dihadirinya di Kota Lumpia.

Kini, giliran Hendi, sapaan akrab Wali Kota, yang diundang untuk berkunjung ke kediaman Syekh Fadhil di Turki.

Tidak sendiri, Wali Kota Semarang itu pun mengajak sejumlah ulama untuk turut serta dalam delegasi Kota Semarang, di antaranya Gus Luqman, Gus Abdullah Munif Ma’ruf, dan Kyai Mohammad Anshori Al Qadiri.

Secara khusus, diharapkan kunjungan delegasi Kota Semarang tersebut dapat memperkuat tali silaturahmi yang sudah terjalin dengan keluarga Syekh Abdul Qadir Jailani.

Tak hanya itu, Syekh Fadhil selaku tuan rumah pada kesempatan tersebut juga mengatur pertemuan antara Hendi selaku Wali Kota Semarang dengan Ilhan Unsal selaku Wali Kota Pendik, Istanbul, Turki.

Pertemuan tersebut dirasa penting untuk dilakukan guna menghasilkan kerja sama yang lebih strategis antara Kota Semarang, Jawa Tengah dengan Pendik, Istanbul, yang dilatarbelakangi banyaknya kesamaan karakteristik antar kedua kota tersebut.

Karenanya, Hendi ingin menjajaki peluang kerja sama yang dapat dilakukan dengan Kota Pendik.

Sejumlah bidang kerja sama pun dilirik Hendi guna merealisasikan kerja sama antara Kota Semarang dan Pendik, Istanbul.

Salah satunya pada bidang olahraga, di mana industri sepak bola Pendik, Istanbul dirasa sudah mencapai taraf internasional.

Untuk itu, Hendi ingin agar PSIS dapat melakukan tanding uji coba melawan tim sepak bola Istanbul.

“Istanbul memiliki klub-klub sepak bola yang sudah kondang, sebut saja Galatasaray, Fenerbahce, Besiktas. Jika kerja sama dengan Kota Pendik dalam olahraga berhasil terjalin dan diperluas, bukan tidak mungkin PSIS bisa bertanding dan belajar dari klub-klub tersebut,” ungkap Hendi.

"Kerja sama dengan kota-kota luar memang kita upayakan ditingkatkan agar kemudian dalam pengembangan Kota Semarang ada role model sebagai tolok ukurnya," tegas Wali Kota Semarang tersebut.

Selain bidang olahraga, kedua kota tersebut juga ingin bekerja sama dalam bidang pendidikan.

Selama ini, Pemerintah Turki memberikan banyak beasiswa kepada pelajar Indonesia untuk dapat melanjutkan kuliah di Turki.

Dengan kunjungan Hendi ke Turki, Wali kota Pendik menginginkan untuk memperkuat kerja sama antar kedua kota.
Kerja sama Kota Semarang dengan Kota Pendik turut disambut baik oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul, Toary Worang.

Menurutnya, kerja sama tersebut sangat baik dan ia pun mendukung inisiasi Hendi untuk menjalin kerja sama antar dua kota besar ini.