Pemkot Semarang Total Persiapkan Rakernas APEKSI 2019

Hendi Pimpin Rakor Guna Mematangkan Persiapan Pelaksanaan APEKSI.
Sumber :

Menyambut bulan Juli 2019, Pemkot Semarang akan menggelar beberapa event besar, mulai dari Rakernas APEKSI XIV, MX GP, dan Asean School Games.

Terkhusus untuk gelaran Rakerknas APEKSI yang akan dihadiri oleh seluruh Pemerintah Kota di Indonesia, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memprediksi akan menyedot ribuan orang ke Kota Semarang.

Persiapan matang terus diupayakan untuk mensukseskan event tersebut. Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu pun menegaskan jajarannya akan total dalam mempersiapkan kegiatan tersebut.

“Ini bisa menjadi sebuah cerita baik, namun juga bisa menjadi cerita buruk. Cerita baik kalau kita mempersiapkan dengan baik, cerita buruk kalau kemudian muncul persoalan-persoalan,” ujar Hendi.

Menurutnya, beberapa masalah yang seringkali dihadapi saat gelaran APEKSI sebelumnya yakni acara tidak tepat waktu serta peserta dan pembicara yang belum hadir saat acara dimulai.

Untuk itu, Hendi meminta pada pengampu acara agar mempersiapkan rangkaian acara dengan baik.

Rakor yang digelar Senin (24/6) di Balaikota tersebut juga dihadiri seluruh Kepala OPD, GM Hotel Po, dan Pengurus The Renaissance Ballroom tempat sejumlah acara akan digelar.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Hendi ingin memastikan setiap detail acara dan titik-titik lokasi sejumlah acara akan digelar berikut perizinannya, termasuk pelaksanaan promosi dan publikasi, juga perlu dimaksimalkan.

Hendi pun meyakini bahwa acara APEKSI tersebut akan membawa dampak menguntungkan bagi perekonomian di Kota Semarang.

Event ini akan mendatangkan wisatawan dalam jumlah yang banyak, hotelnya laris, kulinernya laris, Insya Allah souvenir-nya pun juga ikut laris, namun sampahnya juga pasti semakin banyak,” pungkas Hendi.

Untuk itu, ia berpesan kepada dinas terkait, khususnya Dinas Lingkungan Hidup, untuk aktif dalam menanggulangi masalah sampah.

“Saya minta DLH untuk menurunkan tim sebanyak-banyaknya, tempat-tempat yang memiliki potensi wisata untuk diperbanyak petugasnya secara rutin 24 jam,” tegas Hendi.

Pihaknya juga mengingatkan untuk menciptakan suasana aman, nyaman, dan memastikan agar problematika kemacetan tidak ada.

Pasca Rakernas APEKSI, Pemerintah Kota Semarang juga akan menyelenggarakan 2 event internasional yakni MXGP pada 12-14 Juli dan ASEAN School Games pada 17-22 Juli 2019.

Hendi juga berpesan kepada segenap liaison officer APEKSI untuk menyampaikan kepada peserta mengenai adanya 2 event pasca APEKSI tersebut sekaligus mengundang mereka untuk hadir kembali ke Kota Semarang.

“Jadi LO ini selain membantu tamu supaya peserta datang tepat waktu, juga berfungsi sebagai marketing-nya Pemerintah Kota Semarang, PR-nya (public relations) Kota Semarang,” pungkas Hendi.