Menag Tegaskan Seluruh Persiapan Haji Sudah Tuntas

Menteri Agama Lukman Hakim Syaefudin
Sumber :
  • Darmawan/MCH 2019

VIVA – Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin memastikan persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1440 Hijriah/2019 di Arab Saudi, sudah tuntas. Persiapan meliputi akomodasi hotel di Mekah maupun Madinah, katering jemaah, dan transportasi.

"Jadi, praktis seluruh persiapan di Tanah Suci, di Masyair, termasuk di Arafah, Mina, Muzdalifah. Ini sudah kita siapkan sebaik-baiknya," kata Lukman, saat pembekalan MCH di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa 25 Juni 2019.

Menurut dia, persiapan lainnya masih terfokus pada urusan dalam negeri, khususnya terkait dokumen perjalanan calon jemaah haji, seperti paspor dan visa.

"Inilah yang sedang dilakukan, sambil sekalian menunggu sebagian kecil jemaah haji kita yang belum melakukan pelunasan biaya haji," ujarnya.

Di samping itu, Menag berpesan kepada calon jemaah haji, agar menguasai manasik haji dan mempersiapkan ketahanan fisik dengan sebaik-baiknya. Sebab, untuk melaksanakan rangkaian prosesi ibadah haji yang sangat panjang.

"Kalau kita tidak sehat secara fisik, kita tidak bisa melaksanakan kewajiban-kewajiban kita dan sunah-sunah, selama ada di Tanah Suci. Maka dari sekarang, kita juga harus sering melatih diri," ujarnya. (asp)