Besok, Jaksa KPK Kembali Panggil Menag, Gubernur Jatim dan Rommy

Menteri Agama Lukman Hakim Syaefudin
Sumber :
  • Darmawan/MCH 2019

VIVA - Tim Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi kembali memanggil Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam sidang terdakwa Haris Hasanuddin dan Muafaq Wirahadi di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Rabu, 25 Juni 2019. Keduanya pada pekan lalu tidak bisa hadir sebagai saksi sidang.

"Karena di persidangan sebelumnya Menag dan Gubernur Jatim tidak datang. Besok dijadwalkan ulang pemeriksaan dua saksi tersebut," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa, 25 Juni 2019.

Berbarengan itu, kata Febri, jaksa juga akan memanggil mantan Ketum PPP, Romahurmuziy alias Rommy, serta seorang ulama berpengaruh di Jatim, KH Asep Saifuddin Chalim, sebagai saksi untuk Haris dan Muafaq.

"Romahurmuziy, Asep Saifuddin Chalim, serta panitia seleksi di Kemenag juga akan dipanggil tim jaksa besok," kata Febri.

Kendati begitu, Febri mengaku sampai saat ini belum ada konfirmasi dari masing-masing pihak yang dipanggil itu akan hadiri panggilan apa tidak besok. Padahal mereka sudah dikirim surat panggilan secara patut.

"Semestinya semua warga negara Indonesia, apalagi pejabat negara itu menghormati proses persidangan, serta memprioritaskan proses persidangan ini karena kewajiban hukum," kata Febri.

Pada perkara tersebut, tim KPK sudah pernah melakukan pemeriksaan terhadap Menag Lukman dan Khofifah Indar Parawansa pada tahap penyidikan. Namun pemeriksaan Khofifah dilakukan di Polda Jatim.

Jaksa menduga terdakwa Kepala Kanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Kemenag Gresik, M Muafaq Wirahadi menyuap Ketum PPP, Romahurmuziy alias Rommy. Namun lembaga antirasuah itu juga duga ada kaitannya dengan Menag Lukman Hakim Saifuddin selaku pejabat yang memiliki kewenangan mengangkat Haris dan Muafaq.

KPK juga pernah menggeledah ruang kerja Menag Lukman terkait kasus tersebut. Hasilnya disita sejumlah uang dari laci meja kerja Menag Lukman.

Sementara, Khofifah dan KH Asep Saifuddin sebelumnya diungkap Rommy merupakan orang yang merekomendasikan Haris menjadi Kepala Kanwil Kemenag Jatim.