Menteri Susi Pamer Kesuksesan Pembangunan Pemerintahan Jokowi

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti melepas KKN PPM Universitas Gadjah Mada
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti melepas 5.360 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat, 28 Juni 2019.

Susi pun sempat memberikan pengarahan kepada para mahasiswa KKN PPM UGM yang akan diterjunkan ke 32 provinsi di Indonesia ini.

Di lapangan Grha Sabha Pramana, Susi sempat menyinggung kesuksesan pembangunan pemerintahan Joko Widodo di bidang kemaritiman dan kelautan. Kesuksesan pembangunan di bidang kemaritiman dan kelautan ini diklaim mampu menyejahterakan nelayan.

Susi menjabarkan 4,5 tahun yang lalu, Indonesia sebagai negara dengan garis pantai terpanjang nomor dua di dunia, perikanan Indonesia tidak masuk dalam tiga besar di Asia Tenggara. Namun kondisi ini berubah usai pemerintahan Jokowi.

“Perikanan Indonesia bahkan tidak masuk 3 besar di Asia Tenggara. Oleh karena itu, Presiden Jokowi memiliki misi menjadikan laut sebagai masa depan bangsa dan membuat undang-undang yang luar biasa untuk tidak mengampuni pencuri di laut yakni dengan ditenggelamkan,” ujar Susi.

Susi pun menerangkan misi Jokowi tersebut pun sukses dilaksanakan. Bahkan hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia saat ini.

"Stok ikan naik 2 kali lipat, nilai tukar nelayan naik 10 kali lipat, dan nilai usaha perikanan mencapai 24 persen, serta ekspor perikanan naik di atas rata-rata GDP. Sementara neraca perdagangan perikanan berada di posisi pertama se-Asia Tenggara," tutur Susi.

Dalam pidatonya, Susi pun berharap agar mahasiswa KKN PPM UGM yang diterjunkan ke daerah pelosok bisa berbagi ilmu pengetahuan dengan para nelayan. Dengan sinergi antara akademisi dan nelayan ini diharapkan sektor kelautan akan makin baik ke depannya.

"KKN akan menjadi satu aktivitas yang dibutuhkan oleh pertumbuhan populasi untuk mendidik, memberikan pemberdayaan, berbagi ilmu ter-update. Terutama tentang situasi saat ini. Memberikan ilmu dari universitas," kata Susi.

"Harapannya adik-adik bisa membawa filosofi keberlanjutan pada masyarakat. Jangan hanya traveling, jalan-jalan di pantai saja, tetapi harus sadarkan masyarakat kalau laut adalah sumber pangan,” ujar Susi.