Ma'ruf Amin: Mari Kita Semua Rukun Kembali

KH Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Komisi Pemilihan Umum resmi menetapkan Joko Widodo dan Ma'ruf sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

Ma'ruf mengajak semua pihak melupakan berbagai friksi selama sepuluh bulan terakhir, saat proses Pemilu 2019, yang berdampak pada permusuhan. 

"Karena itu, mari kita semua rukun kembali: jangan ada lagi tidak bertegur sapa antara satu dengan yang lain, antartetangga, antarteman, antarkeluarga hanya karena berbeda pilihan politik," kata Ma'ruf di gedung KPU RI, Jakarta, Minggu 30 Juni 2019.

Pemilu 2019, tambahnya, telah usai dan saatnya membuka babak baru, menuju ke arah Indonesia yang lebih baik. Pekerjaan besar berikutnya bukan lagi seputar pemilu, tetapi bekerja untuk menghadirkan kesejahteraan dan keadilan sosial.

Penetapan oleh KPU, katanya, merupakan amanat dan tanggung jawab yang diberikan oleh rakyat kepadanya dan Jokowi, demi mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa dalam rangka menjadikan Indonesia maju dan sejahtera. “Oleh karenanya, amanat dan tanggung jawab ini kami terima dengan rida dan ikhlas.”

Ma'ruf berjanji, akan bekerja keras menjalankan amanat rakyat yang diberikan melalui Pemilu 2019. Dia mengajak semua elemen masyarakat bersatu kembali, untuk membangun Indonesia.

"Syukur alhamdulilah, karena pada hari ini saya dan Pak Jokowi telah ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Ini adalah merupakan amanat dan tanggung jawab yang diberikan rakyat Indonesia kepada kami," katanya.