Lampu PJU LRT Palembang Kembali Menyala

Lampu penerangan jalan di bawah jalur LRT di Putus PLN karena nunggak bayar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sadam Maulana

VIVA – Direktorat Jenderal Perkeretaapian menyampaikan bahwa sejak Selasa malam, 2 Juli 2019, lampu penerangan jalan umum atau PJU di sepanjang Jalur LRT Sumatera Selatan, telah kembali menyala. Meski demikian ada beberapa titik yang masih belum nyala karena lampu yang rusak, kabel putus atau hilang. Untuk ini pihak terkait sedang melakukan perbaikan dan penggantian sesegera mungkin.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri, mengatakan permasalahan lampu PJU dapat diselesaikan setelah Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Palembang bersama PLN dan Kontraktor Waskita Karya berkoordinasi menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Adapun terkait kejadian kabel yang putus, hilang, ada indikasi dicuri, Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mengimbau agar masyarakat turut menjaga dan mengawasi fasilitas umum dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang bisa menyebabkan terganggunya fasilitas umum tersebut,” kata Zulkifli melalui keterangan tertulisnya, Rabu, 3 Juli 2019.

Sebelumnya diberitakan, listrik penerangan jalan umum LRT Palembang diputus oleh PLN. Kebijakan ini diambil lantaran tagihan listrik untuk PJU tersebut tidak dibayar sejak enam bulan terakhir dengan total diperkirakan mencapai Rp189 juta. 

Pihak pemerintah daerah maupun pelaksana proyek yakni Waskita Karya sama-sama mengaku kalau lampu jalan tersebut bukan wewenang mereka. Sehingga tidak ada yang merasa bertangung jawab untuk membayar tunggakan tersebut. (ase)