Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Waktu Habis, Tim Bentukan Kapolri Gagal Ungkap Kasus Novel Baswedan

Minggu, 7 Juli 2019 | 18:24 WIB
Foto :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Penyidik Senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

VIVA – Tim Satuan Tugas (Satgas) yang dibentuk Kapolri Tito Karnavian untuk selesaikan kasus penyerangan terhadap penyidik KPK Novel Baswedan dinilai gagal. Sebab, hingga batas waktu yang ditentukan, yakni 6 bulan setelah dibentuk, tim itu tak dapat mengungkap kasus tersebut.

Hal ini disampaikan anggota Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi, Wana Alamsyah, dalam keterangan tertulis, Minggu, 7 Juli 2019. Menurutnya, tim Satgas tersebut tak mampu mengungkap satu pun aktor yang bertanggung jawab atas cacatnya mata kiri Novel Baswedan.

Baca Juga

Tim tersebut dibentuk 8 Januari 2019 oleh Kapolri Tito Karnavian. Merujuk Surat Keputusan nomor : Sgas/3/I/HUK.6.6/2019 yang beranggotakan 65 orang dan didominasi dari unsur Kepolisian yang tenggat waktu kerjanya yaitu pada tanggal 7 Juli 2019 atau sekitar enam bulan.

"Sejak pertama kali dibentuk, masyarakat pesimis atas kinerja tim tersebut," kata Wana.

Alasannya, pertama, jika ditilik komposisi anggotanya, 53 orang di antaranya berasal dari unsur Polri. Selain itu, saat pertama kali kasus ini mencuat diduga ada keterlibatan polisi atas serangan terhadap Novel Baswedan, sehingga patut diduga akan rawan konflik kepentingan.

"Oleh karenanya yang digaungkan oleh masyarakat pada saat itu yakni pembentukan Tim Independen yang bertanggung jawab kepada Presiden Joko Widodo," kata Wana.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler