Hujan Deras Guyur Halmahera Tengah, 184 KK Terdampak Banjir

Banjir di Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, Senin, 8 Juli 2019.
Sumber :
  • BNPB

VIVA – Sejumlah 184 kepala keluarga (KK) terdampak banjir di Kabupaten Halmahera Tengah, Senin, 8 Juli sekitar pukul 08.00 Waktu Indonesia Timur. Genangan banjir di empat desa di wilayah Provinsi Maluku Utara ini dipicu oleh intensitas hujan tinggi. 

Kepala Bidang Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Rita Rosita S mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Tengah melaporkan banjir terjadi di Desa Sumber Sari, Kluting Jaya, Wairoro Indah, Lembah Asri yang berada di Kecamatan Weda Selatan. 
Sedangkan di Kecamatan Weda Utara, banjir melanda Esa Waleh. "Hingga pukul 17.14 WIB hujan terjadi dengan intensitas rendah. Tinggi muka air beragam dari 50 hingga 100 cm," kata Rita dalam keterangan tertulisnya, Senin, 8 Juli 2019.

Rita menambahkan, BPBD Kabupaten Halmahera Tengah melakukan upaya penanganan darurat kepada warga terdampak. Kaji cepat yang dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD merespons kondisi terkini di lapangan. BPBD beserta mitra terkait melakukan pembersihan saluran air dengan alat berat dan melakukan evakuasi barang-barang milik warga.

BPBD melaporkan tidak ada korban jiwa. Namun demikian, kerugian materiil teridentifikasi untuk sementara waktu berdasarkan kaji cepat di lapangan.

"Kerugian mencakup bangunan yang terendam, seperti rumah 184 unit, SMP 2 unit, SMA 1 unit, TK 1 unit, dan masjid 2 unit," katanya.