Anggota TNI AD Curi Kotak Amal Masjid

Ilustrasi/Pencuri
Sumber :
  • U-Report

VIVA – HY, oknum TNI AD berpangkat Kopral Dua, tertangkap basah saat sedang mencuri kotak amal di Masjid Nurul Islam di Jalan Setunggal, Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur III Palembang, Sumatera Selatan.

Aksi memalukan yang dia lakukan dipergoki warga sekitar yang ketika itu sudah merasa curiga. HY melancarkan aksinya kemarin siang saat menggunakan seragam loreng khas TNI.

Saat diketahui warga, HY sempat menjadi bulan-bulan massa sebelum akhirnya diserahkan ke Polsek Ilir Timur II Palembang. Dalam pemeriksaan polisi, HY diketahui masih sebagai anggota TNI aktif.

Oleh karena tercatat sebagai prajurit TNI, HY kemudian diserahkan polisi ke Detasemen Polisi Militer atau Denpom 4/II Sriwijaya, untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Kepala Penerangan Kodam II Sriwijaya, Kolonel Inf Djohan Darmawan menjelaskan, dari hasil pemeriksaan diketahui oknum TNI tersebut berasal dari kesatuan Batalyon Kavaleri 5/DPC Karang Endah, Prabumulih.

Hingga saat ini belum diketahui motif pelaku nekat mencuri kotak amal masjid. Petugas juga masih mengecek kejiwaan pelaku termasuk dugaan adanya pengaruh obat-obatan terlarang.

"Saat ini dia sedang menjalani pemeriksaan termasuk soal kejiwaan. Apakah dia mengalami gangguan kejiwaan atau dugaan pengaruh obat-obatan terlarang. Ini masih kita selidiki," kata Djohan, Minggu 14 Juli 2019. (ase)