Golkar Sudah Siapkan Kader yang Akan Disodorkan Jadi Menteri

Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/Airlangga Hartarto

VIVA – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengaku telah menyiapkan nama-nama kader internal Golkar untuk disodorkan ke Presiden Jokowi untuk dipilih menjadi menteri.

Meski pemilihan para pembantu presiden merupakan hak prerogatif, Golkar menyebut telah menyesuaikan kriteria dari yang dibutuhkan.

"Golkar akan menyesuaikan portofolionya di mana, dan orangnya siapa. Karena kader, saya rasa Golkar salah satu yang punya kader banyak, dan bisa ditempatkan di berbagai posisi," kata Airlangga di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu 17 Juli 2019. 

Namun Airlangga berharap, porsi menteri di periode kedua Jokowi-Ma'ruf bisa bertambah untuk kader partainya. Saat ini kursi menteri yang diisi kader partai berlambang pohon beringin ini hanya Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan dia sendiri sebagai Menteri Perindustrian.

Menurut dia, jatah dua menteri saat itu lantaran Golkar merapat ke koalisi pemerintahan di tengah jalan.

"Kemarin kita kan bergabung di babak kedua, sekarang kita kan ikut dari babak pertama. Tentu nanti harapannya akan berpartisipasi lebih aktif ya," kata dia.

Di sisi lain, Airlangga menegaskan, keputusan memilih menteri merupakan hak sepenuhnya Presiden Jokowi. Ketika disinggung apakah akan ikut mematok jumlah kursi di periode kedua seperti partai lain, ia hanya menjawab singkat.

"Itu hak prerogatif presiden." [mus]