Menteri Agama Sambut Baik Traveloka dan Tokopedia Buka Paket Umrah

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Sumber :
  • Kemenag

VIVA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengakui pemerintah tengah menjalin kerja sama dengan Arab Saudi soal ekonomi digital. Hal ini terkait dengan umrah digital.

Sebelumnya, dilakukan Memorandum of Understanding (MOU) antara Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, dengan Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Arab Saudi, Abdullah Alshawa.

Hal ini tertera di situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) www.kominfo.go.id dengan judul “Indonesia-Arab Saudi Teken MoU Ekonomi Digital”, 5 Juli 2019.

Lalu, Menteri Lukman pun menjelaskan sejauh mana keseriusan pemerintah menyikapi umrah digital. Dua unicorn seperti Tokopedia dan Traveloka digadang-gadang akan menjadi pengembangan umrah digital ini.

"Kita sedang mendalami, bagaimana proses bisnisnya, bagaimana ekosistemnya, terkait dengan itu semua. Bagaimana model bisnisnya, yang intinya harus ada jaminan semua itu dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada jemaah umrah kita," kata Lukman saat diwawancarai di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Juli 2019.

Lukman menjelaskan, ke depan diharapkan kepada biro travel yang selama ini mengelola umrah bisa bersinergi dengan unicorn yang ada. "Lalu kemudian manfaat yang dirasakan jemaah itulah yang menjadi prioritas utama," ucapnya.

Lukman menilai, umrah digital ini merupakan bagian dari revolusi teknologi. Semua jemaah akan diberikan kemudahan. "Semua sudah diberikan kemudahan, orang mau umrah pun pendaftarannya di sini saja. Ke depan akan seperti itu, Traveloka dan lainnya," kata dia. (ase)