Polisi Jadwal Ulang Pemeriksaan Rius Vernandes soal Laporan Garuda

Vloger Rius Vernandes (kanan)
Sumber :
  • Instagram/@rius.vernandes

VIVA – Kepolisian Resor Bandara Soekarno Hatta, kembali menjadwalkan pemanggilan pemeriksaan terhadap YouTuber Rius Vernandes dan kekasihnya, Elwiyana Monica, terkait laporan dari maskapai Garuda Indonesia.

Pemanggilan ulang dijadwalkan penyidik pada Selasa, 23 Juli 2019. Pasangan kekasih itu akan diperiksa terkait dugaan pencemaran nama baik terhadap maskapai penerbangan milik negara itu.

"Akan hadir nanti pada tanggal 23 Juli hari Selasa minggu depan dan ada beberapa orang rencananya yang turut dimintai keterangan," kata Kapolres Bandara Soekarno Hatta, Kombes Pol Victor Togi Tambunan, Rabu, 17 Juli 2019.

Penjadwalan ulang dilakukan setelah adanya konfirmasi dari Rius Vernandes yang tidak dapat memenuhi panggilan hari ini. Kedua, terlapor terpaksa tidak hadir karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan.

"Sejauh ini masih terkait dengan pemeriksaan untuk dimintai keterangan dan klarifikasi terhadap terlapor untuk penyelidikan lebih lanjut atas laporan maskapai Garuda," ujarnya.

Rius Vernandes merupakan YouTuber muda yang dilaporkan manajemen Garuda Indonesia atas dugaan pencemaran nama baik setelah, mengunggah foto menu pada penerbangan kelas bisnis.

Menu tersebut viral lantaran hanya berbentuk lembaran kertas dengan tulisan tangan. Rius sendiri diketahui menggunakan jasa transportasi tersebut dengan rute Sydney-Denpasar-Jakarta dalam rangka melamar sang kekasih Elwiyana Monica.

Dalam kasus tersebut, Rius disangkakan Pasal 27 Ayat (3) jo Pasal 45 Ayat (3) dan/atau Pasal 28 Ayat (1) jo Pasal 45 A Ayat (1) Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan/atau Pasal 310 KUHP dan/atau Pasal 311 KUHP. (ren)