Cara Generasi Muda Kuasai Literasi Digital

ilustrasi jurnalis
Sumber :

VIVA – Lembaga Visi Indonesia bersama Sekolah Tinggi Agama Islam Madinatul Ilmi (STAIMI) Depok akan menggelar Kelas Menulis dan Komunikasi, pada 26-28 Juli 2019. 

Founder Visi Indonesia sekaligus CEO MataAir Group  Muhammad Abdul Idris mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu langkah konkret untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

"Di tengah upaya mempersiapkan pemerintah menciptakan SDM yang siap kerja dan berusaha,
tantangan utamanya adalah seberapa mampu mereka mengolah dan menyampaikan pengetahuan dan kesiapan mereka melalui teknologi digital,” ujar Idris dalam keterangan tertulis, Kamis, 18 Juli
2019.

Kegiatan itu diharapkan tidak hanya menciptakan SDM siap kerja dan berusaha, tapi juga mampu
ber-tabayun digital. “Kolaborasi ini akan mampu meningkatkan digital literasi atau saya menyebutnya tabayun digital yang merupakan tantangan besar SDM kita,” kata Idris. 

Rektor Sekolah Tinggi Agama Islam Madinatul Ilmi (STAIMI) Depok Asep Kusnadi mengatakan, kerja sama kelas menulis dan komunikasi ini merupakan ijtihad kampusnya dalam membantu menciptakan SDM Indonesia yang berkualitas.

“Saat ini persaingan global semakin ketat dan membutuhkan SDM yang berkualitas. Untuk itu, kami berharap kerja sama ini nantinya benar- benar bisa memberikan kemanfaatan,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga M Asrorun Ni’am S mendukung penuh kegiatan tersebut. Baginya, apa yang diinisiasi oleh dua lembaga tersebut perlu terus dikembangkan ke depannya untuk menelurkan program-program lanjutan lainnya.  “Kegiatan pelatihan tersebut mendorong penyiapan kompetensi dasar kerja khusunya di bidang literasi digital. Itu kita support penuh," ujarnya.

Perjanjian kerja sama kegiatan Kelas Menulis dan Komunikasi diteken di kantor Visi Indonesia, di kawasan Senen, Jakarta, Rabu, 17 Juli 2019. Adapun kelas Menulis dan Komunikasi akan dilaksanakan pada 26-28 Juli 2019 di Sekolah Tinggi Agama Islam Madinatul Ilmi Depok.  Pendaftaran kegiatan ini sudah dibuka sejak awal Juli dan ratusan pemuda telah mendaftar.

Para peserta terpilih akan mendapatkan materi seperti digital communication, digital journalismpublic speaking. Selain itu, dasar-dasar jurnalistik, pengelolaan website, manajemen media sosial dan konten kreatif, pembuatan presentasi, dan pengelolaan data. [mus]