Terdesak, Garuda Pilih Berdamai dengan YouTubers Rius Vernandes

Polemik antara YouTubers Rius Vernandes dan Garuda Indonesia berujung damai.
Sumber :
  • Ridho Permana

VIVA – Polemik antara YouTubers Rius Vernandes dan Garuda Indonesia berujung damai. Setelah mendapat desakan dari berbagai pihak, pada pagi ini manajemen Garuda memutuskan mencabut laporan mereka dan menempuh jalan kekeluargaan.

Direktur Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra mengatakan, pimpinan Garuda memastikan serikat pekerjanya telah mencabut laporan polisi atas unggahan Rius yang dianggap mencemarkan nama baik dan juga melanggar UU ITE. Kedua pihak sepakat membangun citra penerbangan Indonesia dan menjaga nama baik Garuda.

"Saya memastikan serikat pekerja untuk mencabut laporan polisi atas unggahannya Mas Rius, berarti ke depan kita semua mari membangun dan menjaga. Garuda Indonesia sebagai aset dan kebanggaan seluruh bangsa Indonesia," kata pria yang akrab disapa Ari Askhara ini di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat 19 Juli 2019.

Sementara itu, Ketua Harian Serikat Karyawan Garuda Indonesia, Tomy Tampati, menegaskan kembali bahwa telah terjadi kesepakatan perdamaian. Dia dan anggota yang melakukan pelaporan memastikan untuk mencabut laporannya di polisi.

"Perlu kami tegaskan kembali sebagaimana yang sudah tertulis, kami dari Serikat Karyawan Garuda dan termasuk anggota yang melapor menyampaikan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa telah tercapai perdamaian atas permasalahan ini.  Konsekuensi dari itu, kami mencabut laporan terkait dengan saudara kita, Rius dan ia setuju," ujarnya.

Dijelaskan Tomy, Garuda terbuka terhadap kritik, karena itu dianggap sebagai tekad menjaga Garuda agar lebih baik.

"Apabila kemarin ada hal-hal yang mungkin kurang berkenan, pada kesempatan ini perlu juga kami sampaikan bahwa Garuda terbuka terhadap kritik. Bahwa kritik itu adalah juga bagian dari tekat untuk menjaga Garuda itu sendiri," katanya.