Survei YouGov: BJ Habibie dan Susi Pudjiastuti Tetap Paling Dikagumi

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.(picture-alliance/AP Photo/D. Alangkara)
Sumber :
  • dw

Menurut lembaga survei YouGov, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mencatatkan skor kekaguman sebesar 16,41 persen. Ini berarti dia lebih populer jika dibandingkan dengan jurnalis Najwa Shihab dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Najwa berada di posisi nomor dua dengan skor kekaguman sebesar 13,26 persen. Sedangkan Sri Mulyani ada di posisi ke-3 dan mengantungi skor kekaguman sebesar 11,52 persen.

Sejumlah tokoh perempuan lain yang juga dikagumi oleh publik di Indonesia yaitu Agnes Monica, Operah Winfrey, Taylor Swift, Ratu Elizabeth II, Angelina Jolie dan Emma Watson.

Tokoh lelaki yang dikagumi

Sedangkan untuk kaum lelaki yang dikagumi oleh publik di Indonesia, posisi teratas masih dipegang oleh Presiden ke-3 RI B.J. Habibie dengan skor kekaguman 15,19 persen. Di posisi kedua ada Presiden Joko Widodo dengan skor 14,12 persen dan di bawahnya ada Abdul Somad yang mengantungi skor 8,06 persen.

Tokoh laki-laki lainnya yang juga dikagumi oleh responden di Indonesia yaitu Bill Gates, Christiano Ronaldo, Jack Ma, Basuki Tjahaja Purnama, Jackie Chan dan Barack Obama.

Sementara untuk tingkat dunia, Michelle Obama dan Bill Gates menjadi orang nomor satu yang paling dikagumi. Ibu negara AS Melania Trump tahun ini juga masuk daftar 20 besar perempuan yang dikagumi di seluruh dunia.

Bagaimana metode surveinya?

Pada Desember 2018, YouGov mengumpulkan nominasi terbuka dari panelis di 41 negara dan bertanya kepada mereka: "Coba pikirkan tentang orang-orang yang hidup di dunia saat ini, siapa perempuan atau lelaki yang paling Anda kagumi?"

Nominasi ini kemudian digunakan untuk menyusun suatu daftar nama 20 lelaki dan 20 perempuan yang menerima nominasi terbanyak dan dinominasikan di setidaknya empat negara.

Jajak pendapat dilakukan melalui internet di negara-negara yang merupakan lebih dari dua pertiga populasi dunia. Namun, ada beberapa bagian dunia yang lebih terwakili daripada lainnya karena beberapa faktor utamanya yaitu ketersediaan koneksi internet.

ae/vlz (YouGov)