Warga Kesulitan Air, Ribuan Lahan Sawah Kering Gagal Panen

Warga sedang mencari air bersih di tengah kondisi kekeringan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad AR

VIVA – Puluhan warga desa di tiga kecamatan wilayah Bogor, mengalami kekeringan. Selain mengalami kesulitan air bersih, kini ribuan petak sawah warga terancam gagal panen.

"Di Desa Weninggalih, sudah krisis air bersih. Ada ratusan kepala keluarga," kata Ketua LPM Desa Weninggalih, Engkos Kosasih kepada VIVA, Minggu 21 Juli 2019.

Engkos mengatakan, warga harus menuju sumber air bersih berkilo-kilometer. Saat ini, warga sudah mendapatkan air bersih dari Yon POM TNI Jonggol. Namun, jumlah itu masih kurang. 

"Saya malu, harus minta ke Yon POM terus. Saya berharap, pemerintah memperhatikan," katanya. 

Tidak hanya sulit air, lahan sawah yang sudah ditanami padi dipastikan gagal total akibat sudah berminggu-minggu tidak mendapatkan air. "Kalau sawah sudah kering, sudah gagal," kata dia. 

Terkait kekeringan ini, Kepala Unit Pelayanan Teknis wilayah Jonggol, Dinas Pertanian Hortukultura dan Perkebunan, Kabupaten Bogor, Akmad mengatakan, saat ini, tercatat 680 hektare dari 6.849 hektare lahan pertanian terancam gagal panen. 

"Sudah dipastikan gagal, kami sudah berkoordinasi untuk mencari sumber air dsn bantuan ke pemerintah," katanya. 

Sementara itu, dua kecamatan lain, Cariu dsn Tanjung Sari, 630 hektare dari 4.970 hektare lahan persawahan kekeringan.

"Sudah terancam kekeringan," kata Kepala Unit Pelayanan Teknis wilayah Cariu, Dinas Pertanian Hortukultura dan Perkebunan, Kabupaten Bogor, Tatang Mulyadi. (asp)