Dua Pendaki Ini Berhasil Turun Saat Kebakaran Hutan Gunung Panderman

Pendaki berhasil turun saat Hutan Gunung Panderman terbakar.
Sumber :
  • Dok. BPBD Kota Batu

VIVA – Tim reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Batu, berhasil menemukan dua pendaki yang sebelumnya dilaporkan belum turun dari atas Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur.

Dua pendaki itu M. Adnan Fanani dan Firgiawan Listanto. Keduanya berasal dari, Mojokerto.

"Mereka sudah ditemukan. Saat ini, dua pendaki itu sudah turun dan berada di pos pantau Gunung Panderman," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim, saat dihubungi, Minggu 21 Juli 2019.

Kebakaran hutan terjadi di lereng Gunung Panderman. Kebakaran pertama kali diketahui sekira pukul 19.45 WIB. Hingga pukul 23.00 WIB, BPBD Kota Batu bersama tim gabungan masih berupaya memadamkam api.

Rochim mengungkapkan, berdasarkan informasi dari Pos Pantau Gunung Panderman, sudah tidak ada lagi rombongan pendaki yang masih berada di atas gunung. Area jalur pendakian kini sudah steril dari aktivitas pendakian.

Dengan turunnya dua orang pendaki terakhir itu, BPBD dan tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Perhutani, dan relawan, kini fokus untuk melakukan operasi pemadaman api di hutan Gunung Panderman.

"Menurut data dari Pos Pantau Gunung Panderman, sudah tidak ada lagi pendaki yang berada di jalur pendakian Gunung Panderman. Informasi selanjutnya akan kami update, setelah ada informasi dari tim kami di lokasi," ujar Rochim. (asp)