40 Rumah di Batu Bara Rusak Disapu Angin Puting Beliung

Rumah yang terkena puting beliung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA – Sekitar 40 rumah porak poranda akibat angin puting beliung, yang terjadi di di Desa Benteng Jaya, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, Senin 22 Juli 2019. Terjangan angin puting beliung ini terjadi sekitar pukul 04.00 WIB.

Namun, bencana alam itu tidak menimbulkan korban jiwa.

"Ada 40 rumah warga yang mengalami kerusakan, baik itu rusak ringan sampai rusak berat, dengan kerugian mencapai Rp500 juta," ungkap Kepala Desa Benteng Jaya, Sugiat, Senin.

Atas kejadian itu, Sugiat sudah melaporkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara untuk tindak lanjut. "Sudah kita laporkan ke Kantor Bupati," tutur Sugiat.

Sementara itu, seorang warga, Budianto menyebutkan peristiwa yang melanda di kawasan tempat tinggalnya itu berlangsung saat sebagian besar warga tengah tidur. Kejadian diketahui, sebelum waktu ibadah salat Subuh.

Karena terlelap, warga tak ada yang sadar adanya terjangan puting beliung.

"Kami lagi tidur pulas. Karena saat itu ada petir yang kuat, jadi kami tersentak. Terdengar suara gemuruh, tidak berapa lama atap rumah kami terbang, kami dan anak-anak basah kena hujan," sebut Budianto.

Kemudian, Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batu Bara, TNI/Polri, dan masyarakat gotong-royong untuk membersihkan material bangunan yang rusak akibat angin puting beliung tersebut. (asp)