JK: Prinsip PNS Melayani Masyarakat, Bukan Dilayani

Wakil Presiden Jusuf Kalla memberi pengarahan kepada CPNS, di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan pengarahan kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hasil seleksi tahun 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu, 24 Juli 2019. 

"Saya ingin ucapkan selamat ke anda semua. Kalian yang telah dinyatakan lulus dalam tes masuk menjadi ASN atau PNS yang hari ini wakil-wakilnya berkumpul dari seluruh Indonesia di tempat ini," kata JK.

JK menyebutkan, CPNS kali ini adalah generasi modern. Karena itu JK mengingatkan bahwa tugas mereka ketika bekerja sebagai PNS nanti adalah melayani masyarakat.

"Prinsip anda yang selalu jadi pegangan anda ialah melayani. Apa tugas anda? Melayani. Itu tentu berbeda cara melayani, tergantung apa tugas anda," ujar JK.

Mantan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat ini berharap tidak terjadi hal sebaliknya, yakni para PNS malah lebih ingin dilayani oleh masyarakat seperti pada masa-masa sebelumnya.

"Jangan berprinsip lagi untuk dilayani. Dulu banyak yang mau dilayani, dihormati masyarakat, ingin dapat fasilitas yang baik," ujarnya.

Wapres mencontohkan, misalnya PNS yang bekerja di bagian administrasi. JK meminta mereka bisa mengurus administrasi lebih cepat lagi atau tidak mengulur-ulur.

"Jangan berprinsip kalau bisa diperlambat kenapa dipercepat. Pokoknya kalau bisa dipercepat," kata JK. (ase)