Ichsan Yasin Limpo Meninggal Dunia di Jepang

Mantan Bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Mantan Bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo, dikabarkan meninggal dunia dalam perawatan kesehatannya akibat kanker di Jepang pada Selasa pagi waktu setempat, 30 Juli 2019.

Kabar duka itu dikonfirmasi oleh Pemerintah Kabupaten Gowa, melalui akun Twitter @humasgowa: "Innalillahi Wa Innailahi Rojiun... Segenap jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mengucapkan Turut Berduka Cita atas Wafatnya Bupati Gowa Periode 2005-2010 dan 2010-2015, Bapak DR.H.Ichsan Yasin Limpo, SH, MH. Semoga beliau husnul khotimah..."

Ichsan juga dikenal sebagai adik kandung mantan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo. Dia menjabat Bupati Gowa selama dua periode pada 2005 hingga 2015, selain juga memimpin Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan.

Ichsan sempat berkompetisi dalam pilkada Sulawesi Selatan tahun 2019. Dia berpasangan dengan Andi Musakkar melalui jalur perseorangan alias independen. Tetapi dia kalah atas rival terberatnya, Nurdin Abdullah, yang berpasangan dengan Andi Sudirman Sulaiman.

Ichsan selama beberapa bulan terakhir berjuang melawan kanker yang dia idap. Dia sempat dirawat di sebuah rumah sakit di Singapura tetapi kemudian dipindah ke Jepang hingga akhirnya meninggal dunia.

Ichsan lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 9 Maret 1961. Dia meninggalkan seorang istri, Novita Madonza Amu, dan empat putra-putri, antara lain Sadli Nurjaffia Ichsan, Adnan Purichta Ichsan, Roidah Halilah Falih Ichsan, M. Hauzan Nabhan Ichsan. (ren)