PVMBG Peringatkan Gunung Tangkuban Perahu Masih Berbahaya

Erupsi gunung Tangkuban Perahu
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) memperingatkan, Gunung Tangkuban Perahu di Bandung, Jawa Barat, masih berbahaya setelah erupsi pada 26 Juli 2019. Karena itu, PVMBG menyarankan aktivitas wisata di Tangkuban Perahu tetap ditutup sementara hingga benar-benar aman.

Kepala PVMBG Kasbani mengatakan, kawasan kawah Gunung Tangkuban Perahu harus bebas dari aktivitas umum untuk sementara karena masih terdapat ancaman gas beracun dan letusan tiba-tiba.

“Pendaki tidak diperbolehkan mendekati Kawah Ratu dan Kawah Upas dengan radius 500 meter, serta tidak diperbolehkan menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif,” kata Kasbani, Selasa, 30 Juli.

Dia juga mewanti-wanti petugas pengelola kawasan wisata gunung itu untuk berhati-hati terhadap ancaman paparan gas beracun dengan tidak beraktivitas di bibir kawah aktif. “Pengelola wisata agar mewaspadai meningkatnya konsentrasi gas-gas vulkanik dan diimbau tidak berlama-lama berada di bibir kawah agar terhindar dari paparan gas yang dapat berdampak bagi kesehatan dan keselamatan jiwa,” katanya. [mus]