Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 31 Juli 2019 | 21:25 WIB

88 Hektare Savana Gunung Rinjani Terbakar

Team VIVA »
Daurina Lestari
antv/tvOne
Foto :
  • istimewa
Ilustrai salah satu bukit di Gunung Rinjani terbakar.

VIVA – Sekitar 88 hektare kawasan Savana di Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat mengalami kebakaran.  Api yang membakar 58 hektare lahan berhasil dipadamkan. Sekitar 30 hektare lahan masih belum padam.

Reporter TvOne melaporkan petugas dari kesatuan pengelolaan hutan lindung (KPHL) Rinjani Timur berusaha menjangkau lokasi kebakaran di lereng terjal bagian timur kawasan Gunung Rinjani. 

Baca Juga

Ilalang savana yang mengering akibat kemarau membuat api cepat merambat hingga menjangkau luas 88 hektare. Setiba di lokasi petugas berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, seperti ranting pohon dan pasir.

Sejak kebakaran terjadi pada Rabu siang, 31 Juli 2019, upaya pemadaman sudah dilakukan terutama di titik-titik terdekat seperti kawasan Hutan Pusuk. 

Terpopuler

Sebanyak 58 hektare dari total 88 hektare titik kebakaran berhasil dipadamkan tim KPHL Rinjani Timur dan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani. 

Hingga saat ini tersisa sekitar 30 hektare lahan yang masih belum padam di titik yang terletak di Bukit Nanggi dan Pergangsingan. Hingga malam ini korban api masih terlihat dari Kecamatan Sembalu. 

Terbatasnya personel dan peralatan yang kurang menjadi kendala upaya pemadaman. 

Laporan: TvOne/Herman Zuhdi/Rahmatul Kautsar

Topik Terkait
Saksikan Juga
Pendaki Wanita Disetubuhi Karena Hipotermia, Bolehkah?
LIFESTYLE - 27 hari lalu