Setelah Banten, Gempa Guncang Pelabuhan Ratu

Petugas BMKG di ruang pemantauan.
Sumber :
  • TvOne/ Ifan Gusti

VIVA – Usai gempa terjadi di daerah Banten pada Jumat malam WIB 2 Agustus 2019, guncangan juga menerpa wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan sekitarnya pada Sabtu dini hari WIB 3 Agutus 2019 pukul 00.22 WIB.

Gempa bumi tektonik tersebut terletak pada koordinat 7.43 LS - 106.48 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 49 km barat daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan kedalaman 27 kilometer dan tidak berpotensi Tsunami.

BMKG merilis, ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Panggarangan, Lebak-Banten dengan Skala Intensitas II MMI, Di Pelabuhan Ratu dengan Skala Intensitas I - II MMI.

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Hingga laporan ini dibuat pukul 00:38 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Masyarakat pun dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.