Kunjungi Lokasi Gempa Banten, Kepala BNPB Pastikan Pelayanan Publik

Ribuan warga Lampung mengungsi akibat gempa Banten
Sumber :
  • VIVA/Ardian

VIVA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo meninjau daerah Pandeglang, Banten, hari ini, untuk memantau langsung situasi usai gempa kemarin malam. 

"Semestinya subuh ini, Sabtu 3 Agustus 2019, Kepala BNPB Letjen Doni Monardo bertolak ke Palangkaraya dan Pontianak untuk meninjau kegiatan Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan," kata Staf Khusus Kepala BNPB, Egy Massadiah, lewat keterangan tertulis. 

Dia menambahkan, "Namun beliau menundanya dan memutuskan untuk berada di Banten terkait dengan gempa yang terjadi semalam." 

Peninjauan langsung tersebut dilakukan untuk memastikan secara langsung dampak gempa dengan magnitudo (M) 6.9 di Banten. 

Doni ingin memastikan bahwa semua pelayanan publik terlayani dengan baik. "Saya ingin memastikan semua dukungan untuk masyarakat yang terdampak langsung atau tidak, semua berjalan dengan baik," kata Doni, sebagaimana disampaikan Egy Massadiah.

Kemarin malam, sesaat setelah gempa, Presiden Joko Widodo langsung memerintahkan BNPB, TNI dan Polri dan Menteri Sosial untuk bertindak cepat. Jokowi meminta semua pihak bersiaga meski peringatan dini tsunami telah diakhiri oleh BMKG.

Episenter gempa bermagnitudo 6.9 ini terletak pada koordinat 7,32 LS dan 104,75 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 164 km arah barat daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, pada kedalaman 48 km.

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Banten yang terjadi ini merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia. (ase)