Antisipasi Tsunami, BMKG Buat Model Gempa di Indonesia

Petugas BMKG saat mengamati data pergerakan gempa.
Sumber :
  • TvOne/Irfan Beno

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, semua potensi gempa bumi di daerah Indonesia sudah disimulasikan. Hal itu dilakukan guna memprediksi jika kira-kira terjadi tsunami.

"Apabila gempanya di Nias, di Mentawai, semua sudah kita modelkan. Kira-kira kalau gempa itu terjadi, tentunya kami juga membaca hasil para pakar. Kekuatannya di sana, diprediksi," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono di kantor BMKG, Jakarta Pusat, Sabtu, 3 Agustus 2019.

Dia menambahkan, "Misalnya di Mentawai M 9,0 terus kami buat sebuah modeling kira-kira tsunaminya di situ tingginya berapa, waktu tibanya tsunami sampai berapa. Termasuk di daerah yang lain."

Setiap daerah, lanjut dia, sistem modelingnya akan berbeda-beda. Selain melakukan hal ini guna mengantisipasinl tsunami, dia menyebutkan, BMKG tak henti-hentinya memberikan penjelasan kepada masyarakat dalam menghadapi bencana tsunami.  

Namun, masyarakat juga diminta bisa peka. Terlebih mereka yang tinggal di sekitar pantai, apabila ada gempa, sekiranya setelah itu bisa langsung mengevakuasi diri tanpa perlu diimbau dulu. 

Selain itu, masyarakat juga perlu mencari informasi apakah gempa berdampak tsunami atau tidak lewat pihak terkait. 

"Itu yang kami harapkan juga kesadaran masyarakat karena megathrust sebuah ancaman yang riil, di sepanjang pertemuan lempeng dan sepanjang pantai yang tadi disebutkan untuk melakukan evakuasi untuk betul-betul ada diri masing-masing," katanya. 

Sebelumnya, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menyebutkan, ancaman Sunda megathrust ada dan bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Ancaman Sunda megathrust merupakan ancaman nyata di sepanjang Pantai Barat Sumatera. Jaraknya sekitar 200-250 km di laut lepas. 

Kemudian, lanjut dia, di Laut Jawa jaraknya juga sama. Hal ini terus sampai ke Bali ke arah timur. Kemudian ada di sisi Utara Papua dan ada juga dari sumber tumbukan Pasifik.