Minggu Pagi, Jokowi Kumpul Bareng Menteri Kabinet Kerja

Minggu Pagi, Jokowi Kumpul Bareng Menteri Kabinet Kerja
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Presiden Joko Widodo berkumpul dengan sejumlah menteri Kabinet Kerja maupun mantan menterinya di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu pagi, 4 Agustus 2019. Acara ini bertajuk “Gathering Keluarga Kabinet Kerja: Solidaritas Tanpa Batas".

Acara yang digelar di halaman Istana itu diawali dengan senam santai. Sebelumnya, acara juga diisi dengan pemberian hadiah kepada para anak cucu menteri setelah menjawab pertanyaan dari pemandu acara.

Pantauan VIVAnews, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden, Jusuf Kalla turun ke lapangan pukul 08.05 WIB. Para menteri dan keluarga yang hadir pun kompak mengenakan pakaian atasan putih dan celana training hitam.

Sebelumnya, telah hadir Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, bersama anak cucunya. Begitu juga, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjairan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution hingga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, yang juga membawa keluarganya.

Selain itu, tampak hadir Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. Lalu, ada Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri; Jaksa Agung, HM Prasetyo; Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, dan para menteri lainnya.

Tak hanya itu, para mantan menteri juga diundang, dan hadir seperti Anies Baswedan dan Khofifah Indar Parawansa, yang sama-sama telah menjadi Kepala Daerah. Juga turut hadir mantan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago, serta mantan Sekretaris Kabinet, Andi Widjajanto hingga mantan Kapolri, Badrodin Haiti.

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, dalam sambutannya mengatakan, acara 'Solidaritas Tanpa Batas' ini sebenarnya sudah dirancang sejak lama. Pertemuan ini juga sekaligus dalam rangka penggalangan dana bantuan untuk korban bencana gempa, Banten.

"Seperti kita tahu beberapa waktu lalu, ada bencana gempa. Ini bentuk solidaritas. Nanti panitia akan berikan kesempatan bapak ibu berikan donasi. Sebagai bentuk solidaritas saudara yang terkena musibah," katanya.

Lebih lanjut, Pratikno mengajak Presiden dan seluruh menteri untuk mengheningkan cipta sebelum acara dimulai. "Saya mengajak Pak Jokowi, Pak JK, dan para menteri untuk berdoa bagi saudara-saudara yang terkena musibah. Kita berdoa mengheningkan cipta, mulai." (asp)