Fahri Hamzah Minta PLN Berani Jawab soal Kerugian Masyarakat

Fahri Hamzah.
Sumber :
  • DPR

VIVA – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah ikut merespons peristiwa matinya listrik sebagian wilayah Pulau Jawa. Menurut dia, PLN harus punya penjelasan detail termasuk isu keterkaitan kematian listrik dengan bencana alam.

Fahri menekankan, bila memang ada hubungannya dengan bencana alam, maka tak bisa direncanakan.

"Itu dulu yang harus ditegaskan. Sebab, apabila memang itu hubungannya dengan bencana alam, ada unsur kata stroke yang memang tidak bisa direncanakan, tidak ada bencana alam yang persis dan benar-benar diketahui kapan akan terjadi," kata Fahri, Senin 5 Agustus 2019.

Dia menambahkan, PLN harus menjelaskan sistem antisipasinya bila hal ini masih terjadi di sejumlah wilayah. Maka, jika ada setiap listrik padam tak berakibat secara masif dan mengorbankan begitu banyak konsumen.

"Juga punya efek-efek yang sangat vital," tutur Fahri.

Menurutnya, jika ada penjelasan soal matinya listrik tersebut maka baru bisa didesain distribusi listrik yang lebih otonom. Sebab, kalau black out terjadi secara masif karena sistemnya tidak otonom maka berbahaya sekali.

"PLN harus menjelaskan apa yang terjadi. Lalu, menjelaskan apa yang sudah terjadi dalam hari-hari ini. Termasuk menjawab tentang kerugian yang dihadapi konsumen," kata Fahri.

Kemudian, ia menilai harus ada kejelasan dari PLN agar masyarakat tenang. Sebab, dalam hal ini memang diperlukan keberanian untuk melakukan koreksi.

"Pada saat seperti ini diperlukan satu keberanian untuk korektif kalau desain kelistikan kita ada masalah. Ini saatnya untuk kita memperbaikinya," ujar Fahri.