Kabut Asap dari Karhutla Jambi Sampai ke Malaysia

Kabut Asab dari Karhutla Jambi
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

VIVA – Kabut asap dari Karhutla Jambi dan sejumlah daerah di Sumatra tampaknya mulai dirasakan negara tetangga Malaysia.

Terkait informasi tersebut Sekda Jambi M.Dianto langsung dihubungi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia. Hal tersebut diakui M.Dianto. 

Dia mendapat pesan singkat dari Menteri Siti Nurbaya mengenai laporan pemberitaan di media lokal Malaysia bahwa warga Negeri Jiran mulai terpapar asap.

"Benar senin pagi, 5 agustus 2019 dapat pesan menteri menyampaikan saat ini sudah ada beberapa daerah di Malaysia yang mulai terpapar asap dari Indonesia," ujarnya.

Dianto menyebutkan kalau Menteri LHK meminta perhatian lebih terkait karhutla yang terjadi di Jambi terkait pemberitaan tersebut dan terdata wilayah yang terpapar asap yakni Kuala Lumpur, Terengganu, Putrajaya, Johor dan beberapa daerah lainnya di Malaysia.

"Daerah itu sudah kedatangan asap artinya kalau asap itu sudah sampai ke negara tetangga, itu adalah asap yang kemungkinan berasal dari provinsi yang ada di Sumatra, salah satunya Jambi," katanya senin, 5 agustus 2019.

Dirinya mengatakan Pemerintah Jambi sudah mengantisipasi dan mendapatkan bantuan 2 unit helikopter dari BNPB pusat yang sudah beroperasi.

"Hingga kemarin di Desa Arang-arang, Kelurahan Kumpe Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, kurang lebih 40 hektare kawasan di sana terbakar. Untuk itu, kita akan diundang Kemenko Polhukkam membahas karhutla ini," katanya.

Menteri LHK menyampaikan langsung kepada Pemerintah Jambi, meminta atensi dari Gubernur Jambi, apa langkah-langkah yang akan diambil mengantisipasi karthula.

"Kebetulan besok tanggal 6 Agustus 2019, seluruh Gubernur, Danrem dan Kapolda diundang oleh Menteri Koordinator Polhukam di Jakarta untuk membahas terkait Karhutla ini," ujarnya.