Jayapura, Daerah yang Giat Bayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Kampung Yokiwa  sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
Sumber :
  • VIVA / Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E Ilyas Lubis mengatakan Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jayapura, membawahi 20 kabupaten dan 1 kota di mana salah satunya adalah Kabupaten Jayapura yang memiliki 19 Distrik Kecamatan dan 139 Kampung.

Total angkatan kerja yang dimiliki Kabupaten Jayapura tercatat mencapai lebih dari 82 ribu orang yang terdiri dari pekerja penerima upah, 43 ribu tenaga kerja sedangkan jumlah Bukan Penerima Upah 23 ribu orang tenaga kerja,dan pegawai negeri sipil. 

TNI, Polri beserta honorer 15 ribu tenaga kerja dengan potensi setidaknya 10 ribu perusahaan atau pemberi kerja.

"Terhitung Juni 2019, Kantor Cabang Papua Jayapura mencatatkan kinerja terkait kepesertaan dan Iuran yaitu sebanyak  2.135 perusahaan, dengan penambahan tenaga kerja sebanyak 15.124 pekerja dari total tenaga kerja aktif sebanyak 41.371 dengan total iuran sebesar Rp67,9 juta," ucap Ilyas di Kampung Yokiwa, Sentani, Jayapura, Kamis, 8 Agustus 2019.

Selain itu, Ilyas menjelaskan dari sisi pelayanan jaminan, Kantor Cabang Papua Jayapura telah membayarkan klaim dengan total Rp.21.896.573.810 yang 88,6 persen didominasi oleh klaim Jaminan Rp19.148.431.220.

Dengan begitu, Kabupaten Jayapura khususnya Kampung Yokiwa menjadi salah satu desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan. Diharapkan mampu memberikan kontribusi positif kepada masyarakat pekerja dengan meningkatnya kesadaran untuk memiliki jaminan sosial.

"Semoga dengan penobatan Kampung Yokiwa  sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, kesejahteraan masyarakat di desa ini akan terus meningkat. Sebab hal ini selaras dengan semangat Nawa Cita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah atau desa”, ucapnya