Hindari Siksaan Hewan Kurban, Masjid di Tangerang Pakai Alat Peroboh

Alat peroboh hewan kurban
Sumber :
  • VIVAnews/Sherly

VIVA – Perayaan Idul Adha, sejumlah Masjid dan Mushalla di wilayah Tangerang melakukan berbagai persiapan. Salah satunya Masjid Raya Al-Adzom yang berada di pusat kantor pemerintah Kota Tangerang, Sabtu 10 Agustus 2019.

Persiapan yang dilakukan masjid terbesar di wilayah Tangerang ini yakni dengan menciptakan alat peroboh hewan kurban. Alat itu diciptakan guna mengurangi siksaan pada hewan kurban baik sapi atau pun kambing pada saat proses pemotongan.

Alat tersebut memiliki ukuran sekitar lima meter dan lebar kurang lebih 70 sentimeter. Pada praktiknya, alat tersebut nantinya akan membantu petugas merobohkan hewan kurban sebelum disembelih.

"Biasanya, kita akan ikat kaki hewan dan menariknya. Hal itu kami rasa cukup sulit dan menyiksa hewan kurban. Akhirnya, dengan beberapa inovasi dari pemuda Tangerang dan DKM (Dewan Kemakmuran Masjid dan Mushalla), kita buatlah alat ini," kata Sekretaris Panitia Hewan Kurban DKM pada Masjid Raya Al A'zhom, Felix Mulyawan.

Dengan material baja ringan, pihaknya juga mengklaim mampu menopang tenaga hewan kurban, jika kebetulan hewan tersebut tiba-tiba saja mengamuk. Nantinya hewan kurban akan digiring masuk ke dalam alat yang berbentuk persegi panjang tersebut. Kemudian akan ada petugas lainnya yang membuat hewan kurban mendekati salah satu sisi besi.

Ketik  hewan telah menempel ke sisi tersebut, petugas yang lain akan menarik besi dan hewan akan didorong perlahan sehingga, secara mudah hewan kurban direbahkan ke tanah.

"Jadi, alat ini tertutup di setiap sisinya. Hanya saja, pada sisi kanan dan kiri bisa dibuka, tentu ini untuk merebahkan hewan. Jika hewan sudah jatuh ke tanah, petugas  dengan mudah melakukan penyembelihan. Dan alat ini baru ada satu unit tapi, mudah-mudahan bisa membantu proses penyembelihan dengan lancar," ujarnya. (ren)