5 Kasus Sapi Berulah Sebelum Disembelih, Masuk Cafe dan Rontokkan Gigi

Sapi kurban lepas dan masuk ke masjid saat tengah salat id
Sumber :
  • VIVA / Zahrul Darmawan (Depok)

VIVA – Idul Adha atau yang dikenal dengan Hari Raya Kurban telah dirayakan umat Muslim di Indonesia pada Minggu, 11 Agustus 2019 lalu. Dan biasanya usai salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, seperti kambing, sapi, dan domba.

Namun ada kejadian yang menghebohkan saban tahun saat akan dilakukan penyembelihan hewan kurban. Beberapa di antaranya, hewan kurban melarikan diri atau mengamuk hingga melukai orang.

Dirangkum VIVA.co.id, berikut ini ulah sapi yang sempat bikin heboh sebelum mereka disembelih.

1. Ngamuk saat akan disembelih

Seekor sapi sumbangan dari Presiden Joko Widodo yang diberikan ke Masjid Nurma'unah, Dusun Watugilang, Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul sempat ngamuk sebelum disembelih, sehingga melukai seorang warga yang membantu proses penyembelihan.

Ketua Takmir Masjid Nurma'unah, Sumarno mengatakan, warga yang mengalami luka ringan itu karena tersepak sapi berbobot 1,1 ton saat membantu proses penyembelihan. Salah posisi saat memegang tali membuatnya mengalami luka ringan pada kaki kanannya.

2. Kabur saat warga salat Id

Seekor sapi di Masjid Jami Mazro'atul Akhiroh, Jalan Rawa Indah, Kecamatan Cipayung Depok, Jawa Barat kabur pada Minggu pagi, 11 Agustus 2019 setelah ikatan di kandang terlepas. Peristiwa itu terjadi saat sejumlah jemaah sedang melaksanakan salat Id, sehingga menyebabkan jamaah panik dan menghindari sapi. Kejadian itu tak menimbulkan korban, namun salat Id terpaksa diulang.

3. Masuk ke kafe

Sementara menjelang Idul Adha, ada juga seekor sapi yang terlepas dari kandang dan masuk ke sebuah kafe. Peristiwa yang terjadi di Semarang, Jawa Tengah itu sontak membuat pengunjung berlari menjauh, sedangkan pelayan tak berani mengusirnya. Sapi masuk kafe ini terekam CCTV hingga membuatnya menjadi viral.

4. Kabur saat akan disembelih

Sapi kabur saat akan disembelih terjadi di RT 28 Kelurahan Batu Ampar, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Sapi tersebut sempat menyeruduk warga yang akan menjagalnya dan berlari ke jalan raya hingga sekitar 1 kilometer (km) dari masjid.

Panitia dan warga pun mengejar sapi tersebut hingga berhasil menangkapnya ketika berhenti di halaman rumah warga. Akhirnya, panitia kurban membawanya ke lingkungan masjid dengan menggunakan mobil bak terbuka. Sebelum disembelih, sapi itu diberi minum dan makanan terlebih dulu.

5. Rontokkan gigi tukang jagal

Seekor sapi di Musala Al Mustaqim, Jalan Utama III, Cengkareng, Jakarta Barat mengamuk ketika akan disembelih. Tendangan ke arah mulut salah satu tukang jagal, Abdul Rahim menyebabkan lima giginya rontok.

Abdul segera dilarikan ke Rumah Sakit Hermina Cengkareng demi mendapatkan perawatan medis. Setelah itu, dia dibolehkan pulang.