Datangi Lokasi Kebakaran Hutan, Kapolri Janji Tindak Tegas Pembakar

Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Sumber :
  • Polda Banten

VIVA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto  bersama Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya mendatangi lokasi kebakaran hutan di Provinsi Riau. Di sana mereka mendapat penjelasan dari Gubernur Riau dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

"Tadi informasi yang dikumpulkan termasuk tadi Kepala BNPB itu di atas 90 persen penyebabnya adalah manusia. Artinya karena land clearing menggunakan cara pembakaran," kata Tito melalui siaran pers, Senin 12 Agustus 2019.

Tito menambah untuk situasi saat ini pihaknya akan melakukan tindakan hukum dengan skala prioritas. Dan ia sudah memberikan perintah langsung jajarannya untuk menindak tegas pelaku pembakaran hutan.

"Saya sudah menugaskan kepada jajaran Polda seluruh Indonesia untuk melakukan tindakan tegas, proses hukum kepada yang melakukan pembakaran," ujarnya.

Mantan Ketua Badan Nasional Penanggulangan Terorisme itu mengungkapkan selama ini pihaknya telah melakukan penangkapan terhadap para pembakar hutan. Dan ia memutuskan akan melakukan langkah tegas agar efek jera meningkat.

"Sudah ada yang ditangkap, sudah banyak tapi kita ingin agar tindakan lebih tegas. Baik kepada perorangan maupun kepada perusahaan sehingga memberikan efek jera," ucap Tito.

Bahkan Kapolri menegaskan tak akan ragu menindak perusahaan bila terbukti membakar hutan. 

"Ini saya kira itu case by case mungkin yang berbeda, oleh karena itu saya juga membawa Direktur Tipiter dari Bareskrim khusus untuk masalah korporasi. Dia akan memberikan asistensi," lanjut Tito. (ren)