Jemaah Tarekat Syattariyah Salat Idul Adha Hari Ini

Ritual Jemaah Tarekat Syattariyah memandikan hewan kurban dengan kembang tujuh rupa sebelum binatang itu disembelih dalam perayaan Idul Adha di Kota Padang pada Rabu, 22 Agustus 2018.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Jemaah Tarekat Syattariyah di Kota Medan, Sumatera Utara, baru melaksanakan salat Idul Adha 1440 Hijriah, Selasa, 13 Agustus 2019. Penetapan Idul Adha tersebut, sudah dilakukan melalui proses hisab. 

Untuk pelaksanaan salat Idul Adha ini, digelar di dua masjid dan tiga musala. Salat Ied diikuti ribuan jemaah Tarekat Syattariyah di berbagai daerah di Sumatera Utara. 

Untuk di Kota Medan salat dilaksanakan di Masjid Raya Syeh Burhanuddin, di Jalan Rawa II, Gang Sempurna, Kelurahan Tegal Sari Mandala III, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan.

"Di masjid ini, pagi tadi sekitar lima ratus jamaah lebih yang melaksanakan salat Idul Adha," ujar seorang jamaah, Abay kepada wartawan di Medan, Selasa, 13 Agustus 2019.

Ia menjelaskan, untuk pelaksanaan salat Idul Adha, hari ini sudah diumumkan dan sebelumnya juga disampaikan oleh pimpinan jamaah. Selain di Sumatera Utara, pelaksanaan salat hari ini juga ada di Sumatera Barat dan beberapa daerah lain.

"Hari ini kita juga menyelembelih kurban. Satu ekor lembu di masjid kita tadi," ujar Abay.